KKN Undip TIM I : Promosi Digital Marketing kepada UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas

Magelang, 30/01/22 –

Inovasi dan kreatifitas di masa pandemi sangat diperlukan, apalagi oleh para pelaku usaha atau UMKM. Untuk itu perlu adanya digital marketing sebagai hal baru yang membantu para pelaku UMKM.

Digital marketing adalah suatu usaha untuk melakukan pemasaran sebuah brand atau produk melalui dunia digital atau internet. Tujuannya ialah untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen secara cepat dan tepat waktu. Secara mudahnya ialah, Digital marketing ialah suatu cara untuk mempromosikan produk / brand tertentu melalui media internet. Bisa melalui iklan di internet, facebook, youtube, ataupun media sosial lainnya.

Dalam melakukan promosi atau mengenalkan digital marketing dilakukan melalui group whats up yang di buat setelah melakukan diskusi dengan UMKM. Materi terkait digital marketing yang dijabarkan mulai dari pengertian, jenis-jenis, kelebihan dan kekurangan serta dilakukan edukasi cara mendaftar layanan digital yang berguna untuk memasarkan produk UMKM.

Setelah dilakukan pengenalan digital marketing nantinya diharapkan para pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi yang ada untuk memasarkan produknya sehingga jangkauan pasar yang di cakup lebih luas dan dapat meningkatkan penjualannya.

Penulis : Hersa Ardiyanto