WASPADA TERJEBAK NARKOBA DI MASA PANDEMI

(Semarang 14/02) – Sebagaimana kita ketahui bahwa narkoba merupakan obat yang berfungsi untuk menenangkan saraf, menghilangkan rasa sakit, dan menidurkan namun dapat memabukkan jika disalahgunakan sehingga dilarang untuk dijual secara umum. Dampak yang akan timbul akibat narkoba dapat berupa dehidrasi, halusinasi, koordinasi tubuh terganggu, kurang fokus, bronkhitis, kanker, radang kulit, serangan jantung, bahkan kematian.

Kita perlu mengetahui 3 golongan narkoba berdasarkan tingkat risiko ketergantungannya, yaitu:

a. Narkotika Golongan 1: ganja, opium, dan tanaman koka sangat berbahaya jika dikonsumsi karena beresiko tinggi menimbulkan efek kecanduan.
b. Narkotika Golongan 2: bisa dimanfaatkan untuk pengobatan jika sesuai dengan resep dokter. Jenis dari golongan ini kurang lebih ada 85 jenis, beberapa diantaranya seperti Morfin, Alfaprodina, dan lain-lain. Golongan 2 juga berpotensi tinggi menimbulkan ketergantungan.
c. Narkotika Golongan 3: memiliki risiko ketergantungan yang cukup ringan dan banyak dimanfaatkan untuk pengobatan serta terapi

Beberapa diantara penyebab seseorang terjerumus ke dunia narkoba ialah dikarenakan banyak yang menjadikan narkoba sebagai pelarian disaat cemas, depresi dan stres terutama di tengah wabah virus corona ini, padahal narkoba bukanlah jalan keluar dari masalah, justru membuat terpuruk dan kehilangan segalanya.

Maka dari itu, upaya yang bisa kita lakukan untuk menjauhi narkoba ialah menerapkan hidup produktif, mencontohkan kebiasaan yang baik, menjalin komunikasi yang jujur dan terbuka, menjaga pergaulan, dan menanamkan nilai agama.