Home » KKN Tematik-PPM » Manfaatkan lahan Kosong, Tim KKN UNDIP Kembangkan Budidaya Lele

Manfaatkan lahan Kosong, Tim KKN UNDIP Kembangkan Budidaya Lele

Klaten – Sehubungan dengan adanya lahan kosong di sebelah Pabrik Tahu Sari Klaten, Tim KKN Tematik Cokro bekerjasama dengan mitra untuk mengoptimalkan lahan tersebut untuk kegiatan budidaya ikan lele. Seperti yang telah diketahui bahwasanya ikan lele merupakan salah satu ikan yang sangat digemari oleh masyarakat sehingga menyebabkan semakin meningkatnya kebutuhan jumlah produksi lele, atas dasar inilah budidaya ikan lele menjadi usaha yang menguntungkan dan potensial yang bisa dikembangkan di masyarakat.

Adapun ada beberapa langkah yang dilakukan oleh para mahasiswa KKN Tematik Undip ini antara lain persiapan lahan yang akan digunakan sebagai lokasi budidaya ikan lele. Persiapan lahan ini kurang lebih membutuhkan waktu seminggu, mengingat lahan yang akan digunakan untuk kegiatan budidaya sangat banyak rerumputan dan tanahnya tidak rata sehingga perlu dilakukan pemotongan rumput dan pemerataan tanah lahan budidaya. Selain itu, supaya usaha budidaya lele ini bisa berhasil tentu diperlukan perencanaan yang baik dan matang. Alhasil, para mahasiswa KKN melakukan kunjungan ke beberapa tempat untuk mengetahui cara budidaya ikan yang baik dan benar antara lain kunjungan ke Balai Pembenihan Ikan Air Tawar (BPIAT) Janti Klaten dan Daerah Kampung Lele Boyolali yang terkenal dengan daerah yang menjadi inspirasi budidaya lele yang sukses.

Setelah lahan sudah diratakan dan siap untk kegiatan budidaya, langkah selanjutnya adalah pemasangan kolam terpal lele bentuk bulat dilokasi dan pengisian air bersih kedalam kolam. Dasar pemilihan kolam terpal bentuk bulat dengan konstruksi besi ini dalam budidaya ikan lele salah satunya praktis yang bisa dipindah-pindahkan. Satu atau dua hari kemudian baru dilakukan penebaran benih ikan lele.  Adapun dalam kegiatan ini, kami juga didampingi oleh Bapak Sugiyatno selaku pembenih dari Kampung Lele, Boyolali. Sehingga dalam keberjalanan program sangat banyak terbantu dengan bimbingan beliau perihal budidaya ikan lele yang baik dan benar.

Ada 3 hal penting dalam pelaksanaan KKN Tematik ini yaitu Kompetensi, Profesional, dan Kewirausahaan. Sudah banyak program mahasiswa yang sudah selesai dan bermanfaat bagi masyarakat salah satunya adalah pengembangan budidaya lele di samping Pabrik Tahu Sari. Saya mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa yang telah membantu segala program sehingga bisa terlaksana dengan baik. Jelas Imam Pudjo

Dilain sisi, Bapak Suryo selaku Pemilik Pabrik Tahu Sari dan mitra kerja KKN juga menuturkan “Kami sangat terbantu dengan adanya KKN disini dan bisa memberikan manfaat buat kemajuan pabrik. Saya berharap program ini bisa ada berkelanjutannya. Kegiatan ini diharapkan bisa bersinergi antara program sudah terlaksana dengan program selanjutnya sehingga program ini bisa dijadikan momentum untuk mengangkat perekonomian masyarakat setempat secara riil.

Disamping itu, untuk memanfaatkan limbah tahu agar lebih memberikan nilai kebermanfaatan lebih maka di sekitar pabrik juga dibuat media untuk budidaya cacing sutra. Hal ini dikarenakan, cacing sutra merupakan pakan alami yang sangat penting dalam kegiatan pembenihan ikan lele. Dengan memanfaatkan ampas tahu pabrik, air limbahnya pun bisa dimanfaatkan untuk budidaya cacing sutra.DSC_0873