PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DAN E-COMMERCE DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM DESA PIYANGGANG DI ERA 4.0

KABUPATEN SEMARANG (29/01/2022), Mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro tahun 2022 di Desa Piyanggang, melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai Pemanfaatan Media Digital dalam Pemasaran Produk kepada para pelaku UMKM dan petani Desa Piyanggang, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang.

Media digital merupakan media elektronik yang digunakan untuk menyimpan, memancarkan serta menerima informasi yang terdigitalisasi. Media digital saat ini menjadi sebuah media yang banyak diminati oleh masyarakat terutama di Era 4.0 dan juga pada masa pandemi ini. Masa pandemic mewajibkan semua masyarakat untuk idm optimizer filehippo membatasi kegiatan di luar rumah untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Hal tersebut menyebabkan para pelaku UMKM perlu memasarkan produknya melalui media yang tak terbatas ruang dan waktu serta tanpa adanya kontak fisik secara langsung.

Pada masa pandemic ini, e-commerce menjadi salah satu option yang dapat dipilih oleh pelaksana UMKM untuk terus menjalankan usahanya. E-commerce merupakan aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer. Maka dari itu, Mahasiswa Univeristas Diponegoro mengadakan program sosialisasi kepada pelaku UMKM di Desa Piyanggang mengenai Pemanfaatan Media Digital dan E-Commerce dalam Pemasaranan Produk.

Pada program sosialisasi tersebut, Mahasiswa KKN UNDIP memberikan pengenalan kepada masyarakat terkait cara pemasaran produk-produk mereka melalui media digital. Selain pengenalan cara penggunaan e-commerce, Mahasiswa Undip juga menampilkan prospek yang didapat bila para pelaku UMKM di Desa Piyanggang memasarkan produk mereka melalui media digital. Sosialisasi ini dilakukan secara presentasi yang dilaksanakan di Balai Desa Piyanggang.

Program yang dilakukan ini mendapatkan kesan positif dari Bapak Imrodin selaku Kepala Desa Piyanggang dan para pelaku UMKM. Ibu Imrodin mengatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama pelaku UMKM karena dapat menambah wawasan yang lebih luas mengenai media digital dan e-commerce seiring dengan perkembangan teknologi saat ini.

Dengan adanya sosialisasi mengenai media digital dan e-commerce, diharapkan masyarakat terutama pelaku UMKM lebih memahami dan dapat memanfaatkan media yang ada semaksimal mungkin untuk keberlangsungan usahanya.

Penulis : Aurellia Putri Ardiansyah, Mahasiswa Gizi, KKN Tematik Universitas Diponegoro 2022 Desa Piyanggang, Kabupaten Semarang.

Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. RTD. Wisnu Broto M.T.