KKN Tematik UNDIP: Program Penerapan Branding dan Digital Marketing UMKM di Kulonprogo

Kegiatan Penyerahan Booklet Panduan Branding & Digital Marketing UD Sumber Rejeki

Desa Hargorejo terletak di wilayah Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Luas wilayah desa ini mencapai 1.543 ha yang terdiri dari 16 dusun dan terbagi menjadi 37 RW dan 126 RT dengan jumlah penduduk di 2017 adalah 11.568 jiwa. Mata pencaharian utama masyarakat Desa Hargorejo adalah penderes nira. Hal itu dikarenakan banyaknya tanaman kelapa yang ada di desa tersebut. 

Pemanfaatan dari tanaman tersebut dilakukan oleh Usaha Dagang Sumber Rejeki atau yang lebih dikenal dengan merek dagang Adana Gula Semut dengan memproduksi olahan hasil bumi seperti nira, kelapa, dan hasil bumi lainnya. Selain itu, ada juga masyarakat kelompok Industri Kecil Menengah yang memanfaatkan tanaman bambu untuk dibuat kerajinan anyaman seperti besek, tudung saji, kipas, dan juga tempat pensil yaitu IKM Sejahtera. Dengan adanya kelompok-kelompok usaha tersebut, maka dapat membuka lapangan pekerjaan di Desa Hargorejo. 

Untuk bagian produksi, usaha tersebut baik Adana maupun IKM Sejahtera sudah sama-sama mumpuni dan berpotensi untuk dipasarkan lebih luas. Juga didukung sumber daya manusia yang tersedia. Namun, pengetahuan akan digitalisasi masih terbatas. Pelaku usaha tersebut bingung harus memulai belajar digital marketing dari mana. Mengingat, platform online ada banyak dan butuh pendekatan berbeda.

Saat ini, semua hal serba digital. Sekarang zamannya digital marketing. Baik bisnis kecil hingga besar berbondong-bondong ke media digital dan mengurangi iklan model lawas. Itulah mengapa banyak orang yang tertarik untuk belajar digital marketing. Tak kalah pentingnya dengan digital marketing, branding produk juga perlu ditekankan karena banyaknya kemungkinan kompetitor saat ini maka suatu produk harus mempunyai keunikan. 

Oleh karena itu, program penerapan Branding dan Digital Marketing diberikan kepada para pelaku UMKM di Desa Hargorejo. Program tersebut diantaranya pembuatan konsep branding seperti pembuatan logo dan colour branding untuk diterapkan di semua platform digital. Kemudian pembuatan website atau landing page, pembuatan akun e-commerce Shopee dan Tokopedia, pembuatan akun sosial media Instagram, Facebook, dan Twitter beserta pembuatan konten untuk semua sosial media juga pengambilan foto produk beserta desain visualnya. Selain itu, UD Sumber Rejeki dan IKM Sejahtera juga diajarkan cara/ teknis beriklan digital atau biasa disebut ads. Diantaranya Google Ads, Facebook dan Instagram Ads.

Kegiatan Penyerahan Booklet Panduan Branding & Digital Marketing IKM Sejahtera

Selain memberikan pendampingan tersebut, Tim KKN Tematik UNDIP juga memberikan sebuah booklet yang berisi tata cara branding dan penggunaan akun website beserta hostingnya, penggunaan sosial media, marketplace, serta panduan untuk membuat desain konten yang menarik menggunakan platform desain berbasis web Canva.

Penulis: Risqi Rahma Inayah, Mahasiswa S1-Manajemen, KKN Tematik Universitas Diponegoro, Dusun Penggung, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. RTD. Wisnu Broto M.T.