Mengubah Sampah Menjadi Berkah Bersama Si Super Larva Hermetia Illucens (Black Soldier Fly), Kolaborasi Mahasiswa KKN Tematik UNDIP dan Warga Setempat

KOTA SEMARANG – Mahasiswa KKN Tematik Tim 1 Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi maggot bsf pada hari Minggu (13/02/2022) kepada warga RW VI Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Sosialisasi ini dilakukan berdasarkan program yang dibawa oleh masing-masing mahasiswa KKN.
Black Soldier Fly (BSF) atau dalam bahasa latin Hermetia illucens dapat dimanfaatkan untuk mengonversi materi organik bahkan memiliki potensi ekonomi. Larva BSF mampu mendegradasi sampah organik, baik sampah yang berasal dari hewan maupun tumbuhan. Kemampuan mendegradasi sampah larva BSF atau maggot dilaporkan lebih baik dibanding serangga lainnya.
Maggot kini telah menjadi pakan alternatif organik yang memiliki nutrisi dan nilai ekonomis yang tinggi. Hal ini beriringan dengan kapasitas budidaya ikan dan unggas di Indonesia yang terus meningkat pada setiap tahunnya, yang tentunya dapat berpengaruh secara langsung terhadap meningkatnya kebutuhan pakan hewan.
Selain dari segi ekonomi, budidaya maggot juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan sampah rumah tangga yang terjadi di RW 06 Kelurahan Jabungan. Meskipun demikian, kelurahan ini merupakan salah satu kelurahan yang memiliki penanganan sampah yang baik dengan adanya bank sampah. Sampah yang telah dikumpulkan dari setiap rumah tangga akan dikumpulkan oleh petugas khusus untuk dipilih dan kemudian diserahkan ke tempat pembuangan akhir (TPA).
Dengan adanya usaha budidaya maggot black soldier fly ini diharapkan menjadi salah satu upaya penyelesaian permasalahan sampah rumah tangga yang ada. Mahasiswa memiliki peran dimana mereka ingin meningkatkan mutu dan kualitas produksi, serta pemasaran dan branding dari produk maggot olahan. Sehingga meningkatkan pula kesejahteraan masyarakat sekaligus menyelesaikan permasalahan sampah yang ada di Kelurahan Jabungan.
Penulis: Sudanta Wigas Hernawa, Mahasiswa Ilmu Komunikasi, FISIP, KKN Tematik Tim I Universitas Diponegoro 2022, Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. R.T.D. Wisnu Broto M.T.
KKN UNDIP Tim 1 2021-2022 #KKNTimIUNDIP2022 #UNDIP #P2KKN #LPPMUNDIP #KKNUNDIP2022 #PotensiKelurahan