Pentingnya Desain Grafis Pada Brand Awareness Produk Maggot Olahan Kelurahan Jabungan Bersama Dengan Mahasiswa KKN Tematik UNDIP

KOTA SEMARANG (17/05) – Kolaborasi antara mahasiswa KKN Tematik Tim 1 Universitas Diponegoro pada Kelurahan Jabungan menghasilkan produk maggot olahan yang siap untuk dipasarkan. Masyarakat menyambut baik adanya produk ini karena dapat meningkatkan kesejahteraan warga. Meskipun pada awalnya masyarakat masih bingung untuk memasarkan dan melakukan branding pada produk maggot yang telah mereka olah, perlahan mereka mengerti bagaimana cara untuk memasarkan produk secara efektif dan efisien. Pada masa kini, diperlukan adanya pemasaran yang tidak hanya dilakukan secara konvensional seperti melakukan promosi dan penjualan secara langsung, tetapi pemasaran dapat dilakukan secara digital.
Komponen penting dari pemasaran digital adalah media sosial. Media sosial adalah sarana bagi konsumen untuk berbagi informasi teks, gambar, audio, dan video satu sama lain dan dengan perusahaan, dan sebaliknya. Media sosial memungkinkan pemasar untuk membangun suara dan kehadiran publik secara online. Mereka dapat secara efektif memperkuat kegiatan komunikasi lainnya. Karena kedekatan mereka sehari-hari, mereka juga dapat mendorong perusahaan untuk tetap inovatif dan relevan.
Dalam sebuah program pemasaran, desain berperan sangat amat penting dalam tercapainya target penjualan. Desain bisa hadir dalam berbagai bentuk seperti; web, desain poster, brosur, flyer, banner dll. Sebuah desain idelanya menjadi bagian dari strategi marketing yang efektif. Desain dibutuhkan untuk menarik perhatian khalayak sehingga memiliki awareness terhadap produk “Oh Magood”. Desain yang menarik dan memuat informasi yang jelas sangat dibutuhkan agar khalayak tertarik kepada produk magot ini.
Pengoptimalisasian desain dapat berpengaruh pada ketertarikan dari calon konsumen. Dimulai dengan tujuan memperkenalkan produk kepada khalayak, hingga membuat khalayak tertarik untuk membeli merupakan tujuan dari pengoptimalisasian desain yang disosialisasikan mahasiswa kepada warga.
Kolaborasi antara mahasiswa KKN dengan warga ini diharapkan dapat terus dikembangkan dan dilanjutkan supaya dapat meningkatkan kesejahteraan warga, disamping menyelesaikan permasalahan sampah yang terjadi di Kelurahan Jabungan.
Penulis: Sudanta Wigas Hernawa, Mahasiswa Ilmu Komunikasi, FISIP, KKN Tematik Tim I Universitas Diponegoro 2022, Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. R.T.D. Wisnu Broto M.T.
KKN UNDIP Tim 1 2021-2022 #KKNTimIUNDIP2022 #UNDIP #P2KKN #LPPMUNDIP #KKNUNDIP2022 #PotensiKelurahan