Home » Lokasi KKN » Kab. Jepara » Tingkatkan Kreativitas Siswa Melalui Tulisan

Tingkatkan Kreativitas Siswa Melalui Tulisan

IMG_0347

Jepara – Pada Selasa (08/08) diadakan kegiatan menulis kreatif bersama siswa kelas 5 SD Karanganyar 01 yang dilakukan oleh mahasiswa KKN dari jurusan ilmu komunikasi yang bertujuan melatih kreativitas siswa untuk menyampaikan sebuah cerita secara menarik. Dimulai pukul 07.30, materi disampaikan melalui kegiatan belajar yang interaktif, agar para siswa aktif dan dapat memahami materi dengan baik.

Adanya kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya para siswa SD yang masih kesulitan untuk menyampaikan pesan atau cerita secara baik dan menarik. Rata-rata mereka kurang mengerti bagaimana menggunakan Bahasa Indonesia dengan benar dalam merangkai sebuah cerita. Hal ini disebabkan minat baca para siswa yang rendah. Maka dari itu, melalui kegiatan ini, pengisi materi memberi pemahaman pentingnya kemampuan menulis cerita yang menarik. Selain itu, pelatihan ini diberikan agar siswa mampu menyampikan pendapat atau gagasan pikiran mereka dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca ke depannya.

Dimulai dengan hal sederhana dan hal kecil yang tak jauh dari siswa, pengisi materi meminta siswa untuk menceritakan pengalaman paling berkesan yang pernah mereka alami. Diberi waktu selama satu setengah jam, para siswa harus menyelesaikan tulisan kreatif mereka di selembar kertas yang telah disediakan. Selain itu, untuk melatih kemampuan dan keberanian siswa berbicara di depan umum, atau public speaking, beberapa siswa diminta maju ke depan untuk menceritakan kembali pengalaman yang telah mereka tulis.

Diakhir pelatihan, pengisi materi memilih dua tulisan yang terbaik yang akan diberi hadiah. Namun, pengisi materi, Devy Widya, memberi pengertian kepada semua siswa bahwa semua tulisan adalah karya yang baik, sehingga mereka tak patah semangat dan memiliki keinginan terus untuk belajar menulis kreatif. (DW)