WOW HEBAT!! Mahasiswa UNDIP Membantu RW.10 Kelurahan Puspanegara Membuat Piramida Penduduk

Whats-App-Image-2022-07-03-at-14-16-04

Citeureup (21/07/2022) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro pada periode ini masih dilakukan di kampung halaman masing-masing. Hal ini terjadi karena pandemi COVID-19 yang masih meningkat. Karena kegiatan KKN harus tetap berjalan maka setiap melakukan kegiatan harus tetap mengikuti Protokol Kesehatan 5M yaitu Mencuci tangan. Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas.

Data kependudukan merupakan data penting yang dapat digunakan untuk menentukan kebijakan pelayanan publik, perencanaan pembangunan, sampai alokasi anggaran. Maka dari itu, penyajian data kependudukan haruslah mudah dibaca dan terbuka kepada masyarakat luas.Mahasiswa KKN Undip mendapati belum adanya informasi kependudukan yang mudah dibaca dan dimengerti di lingkungan RW 10,Kelurahan Puspanegara, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Dari hasil wawancara dengan perangkat desa, didapati bahwa sudah terdapat data kependudukan, tetapi belum ada visualisasi yang dibuat untuk dapat ditaruh di dinding RW 10 Puspanegara. Untuk itu mahasiswa KKN Undip mengusulkan program KKN yaitu pembuatan Infografis kependudukan berdasar data yang sudah di punya oleh desa.

Piramida-Penduduk

Setelah mendapatkan ide tersebut, ia lalu mengambil data-data kependudukan dari perangkat rw, kemudian data tersebut diolah dan kemudian dicantumkan semua data yang telah diolah ke dalam sebuah poster yang sangat menarik. Setelah poster didesain, kemudian poster tersebut dicetak lalu kemudian ditempel pada majalah dinding milik RW 10. Hingga saat ini, poster tersebut dapat dilihat ditempat penempelan Poster RW 10.Dengan terlaksananya program ini, diharapkan dapat membantu perangkat desa dalam menganalisis keadaan penduduk, dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan dan pembuatan program di masa mendatang.

Penulis : Daniel Stiven Sianturi (Matematika 18)
DPL : Ir. Rudy Hartanto, S.Pt., M.P., Ph.D., IPM