TIM II KKN UNDIP LAKSANAKAN EDUKASI IMUNISASI DASAR LENGKAP (IDL) GUNA GUGAH KESADARAN MASYARAKAT DESA SOKA, KECAMATAN PONCOWARNO

Whats-App-Image-2022-07-18-at-14-11-31-1

Soka, Kabupaten Kebumen (20/07) – Besarnya dampak yang disebabkan karena wabah Covid-19 selama 2 tahun terakhir ini sangat luar biasa. Hal itu dikarenakan wabah Covid-19 mempengaruhi banyak aspek kehidupan, salah satunya adalah aspek kesehatan. Dimana wabah ini menyebabkan adanya penurunan pelayanan kesehatan dasar, khususnya pada pelayanan imunisasi yang menyebabkan angka cakupan imunisasi rutin dasar dan lanjutan di berbagai daerah di Indonesia menurun drastis. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, terdapat 1,7 juta anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap selama pandemi Covid-19. Beban penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) di Indonesia masih sangat tinggi, sehingga pelayanan imunisasi menjadi sangat penting terutama di masa pandemi.

Putri Agustin (20) sebagai Mahasiswa S1 Keperawatan yang tergabung dalam KKN Tim II Undip melakukan pendampingan kepada masyarakat dan kader kesehatan Desa Soka. Pendampingan tersebut berupa edukasi mengenai Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) kepada para ibu di Desa Soka serta pendampingan dalam pencatatan data anak guna persiapan BIAN. Tujuannya agar memberikan pemahaman kepada Ibu mengenai pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap bagi bayi sehingga dapat meningkatkan cakupan imunisasi yang turun saat pandemi Covid-19 di Indonesia dengan ikut menyukseskan kegiatan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional).

IMG-1295-1

Edukasi merupakan salah satu cara pendampingan yang memiliki dampak signifikan terhadap keberhasilan imunisasi. Edukasi kesehatan ini penting dilakukan karena jika masyarakat belum memahami sepenuhnya pengetahuan tentang imunisasi, maka akan menimbulkan perbedaan persepsi antara pihak penyedia pelayanan kesehatan (puskesmas) dengan masyarakat. Dikhawatirkan pemahaman yang keliru dapat menimbulkan sikap negatif terhadap perilaku orang tua saat mengimunisasikan anaknya.

Kegiatan Edukasi yang dipelopori oleh Putri ini dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2021 bersamaan dengan kegiatan Posyandu dukuh Kayu Ares, Desa Soka. Kegiatan ini dihadiri oleh Bidan, Kader Kesehatan, Petugas Kesehatan dari Puskesmas Poncowarno, serta 40 peserta posyandu Desa Soka. Selama proses edukasi dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Penyampaian juga dilakukan secara edukatif dan lugas menggunakan media berupa leaflet.

IMG-1287

Leaflet dipilih sebagai media yang digunakan dalam edukasi mengenai pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap karena leaflet dianggap lebih mudah dan praktis. Setiap peserta yang datang mendapatkan leaflet unruk dibawa pulang, sehingga dapat dibaca kembali dan disebar luaskan informasinya. Edukasi ini disambut baik oleh masyarakat, “bermanfaat sekali informasinya, saya jadi lebih paham mengenai Imunisasi Dasar Lengkap”

IMG-0916

Tidak hanya edukasi yang dilakukan oleh Putri, melainkan dilaksanakan pula pendampingan pencatatan data anak guna mempersiapkan pelaksanaan BIAN. Pencatatan ini meliputi data NIK orang tua, NIK anak, alamat lengkap, serta jenis imunisasi terakhir yang sudah didapatkan anak.

“Sangat baik. Pendampingan imunisasi ini membantu sekali, selain menambah pengetahuan dari masyarakat, pendampingan ini juga sangat membantu kami selaku penyedia pelayanan dalam mempersiapkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) sehingga dapat lebih cepat selesai” tutur Tuti selaku Bidan Desa Soka.