ASIKNYA BELAJAR DAN MENINGKATKAN KESADARAN MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH BERDASARKAN SDGs BERSAMA ANAK-ANAK TPQ AL-IKHLAS, KELURAHAN GAYAMSARI

Semarang (7/22) – Kelurahan Gayamsari merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Kelurahan Gayamsari memiliki sarana Pendidikan yang sangat maju dan lengkap. Mulai dari Pendidikan formal hingga non formal. Dengan ini perlu adanya pembentukan, pendidikan, dan pengembangan karakter yang baik kepada anak-anak setempat sejak dini untuk melahirkan generasi muda yang unggul dalam mendukung kemajuan Kelurahan Gayamsari. Selain itu, perlu adanya edukasi untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan. Maka dari itu, salah satu TIM II KKN Undip di Kelurahan Gayamsari menempatkan diri sebagai agent of change yang turut andil sebagai perintis dan pelaku perubahan melalui sosialisasi kepada anak-anak TPQ AL – IKHLAS berdasarkan (Sustainable Development Goals, disingkat SDGs atau Global Goals) poin 4 yaitu kualitas pendidikan.
Pada penerapannya Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Program Studi Farmasi menempatkan diri sebagai agen perubahan yang turut andil mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan pencerdasan akan pentingnya kesehatan melalui sosialisasi dan ajakan untuk rutin konsumsi vitamin. Hal tersebut sebagai salah satu strategi menjaga daya tahan tubuh di era pasca pandemi seperti saat ini. Diharapkan anak-anak di Kelurahan Gayamsari dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah maupun Pendidikan non formal dengan baik dan maksimal. Sehingga dapat angka kejadian Covid yang menurun dan terciptanya pendidikan di Kelurahan Gayamsari yang maju.
Program sosialisasi kepada anak-anak TPQ AL – IKHLAS berdasarkan poin 4 di Kelurahan Gayamsari dilaksanakan dengan kolaborasi pendidikan agama islam dan ajakan pentingnya menjaga kesehatan yang mendapat sambutan sangat baik dari peserta maupun pengurus TPQ. Program sosialisasi yang dilakukan pada sore hari tersebut berjalan dengan lancar dan kondusif sampai akhir acara.

Penulis : Bharada Andini – 22010319120017 – S1 Farmasi
Dosen Pembimbing : Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, M. Si