Cegah Stunting dengan Makan Ikan, Mahasiswa Undip Berikan Inovasi Pembuatan Nugget Ikan Nila Demi Tingkatkan Gizi Balita

bdfaf5eb-2a28-48b2-994b-c4747522c9e3

Semarang (24/07/22) -Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2020/2021 membuat sebuah program “PembuatanCamilan Sehat Nugget Ikan Nila, sebagai Upaya untuk Pencegahan Stunting bagi Anak Balita” Di Desa Kalisegoro, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Program ini dilaksanakan oleh Reza Alifia Rahmadina, Mahasiswa Program Studi Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro. Program KKN yang dilaksanakan mengangkat Tema “Ayo Peduli, Partisipasi dan Pahami Cegah Stunting!”

Dampak buruk pandemi bagi perekonomian masyarakat akan berpengaruh pada kurangnya asupan gizi pada anak terutama balita. Ditambah dengan ketatnya PPKM menyebabkan pembatasan kegiatan masyarakat berupa layanan posyandu dihentikan sementara.

Stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang dialami balita dari gizi buruk, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai. Anak yang mengalami stunting akan berdampak pada gangguan metabolisme.

Pembuatan nugget ikan ini dilakukan secara mandiri di rumah yang kemudian dikemas untuk dibagikan ke balita yang tepatnya diadakan saat acara Posyandu Mawar 7 dilakukan, kemudian selanjutnya diadakan demo masak terkait pembuatan nugget ikan nila ini kepada ibu – ibu yang datang saat posyandu.

Pembagian nugget ikan kupada anak balita dilakukan saat anak sudah selesai pemeriksaan posyandu dan diberikan nugget ikan ini sebagai hadiah. Selain itu juga dilakukan sosialisasi kepada ibu yang datang. Kegiatan sosialisasi terkait pentingnya konsumsi ikan bagi anak balita, kandungan gizi yang baik pada ikan, dan gencaran dari pemerintah terhadap olahan ikan untuk pecegahan stunting. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu para ibu untuk menyajikan camilan olahan ikan yang sehat dan enak, sehingga anak – anak tidak merasa bosan dengan ikan. Selain itu dengan dibagikan resep dan langkah pembuatan nugget ikan dalam bentuk pamflet yang bisa di download pada barecode yang tersedia yang dapat meningkatkan minat ibu – ibu dalam mempraktikannya secara mandiri.

Ayo lawan stunting dengan memperbanyak konsumsi asupan gizi yang seimbang. Rutin memberikan multivitamin serta mencukupi kebutuhan gizi pada anak merupakan langkah yang tepat dalam mencegah terjadinya stunting. Dengan adanya gerakan mengonsumsi ikan dalam bentuk nugget merupakan salah satu tindakan yang perlu diterapkan agar anak – anak dapat tercukupi kebutuhan gizinya.

Penulis : Reza Alifia Rahmadina (Program Studi Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro)

DPL : Dr. rer.nat Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng