PELATIHAN PEMBIBITAN DAN PENGOLAHAN JAMUR TIRAM

Jamur Tiram merupakan salah satu jamur yang memiliki banyak sekali kegunaan bila mengetahui bagaimana-bagaimana saja penggunaannya, baik dari limbah bibit jamur, atau yang sering kita kenal dengan baglog jamur, hingga jamur tiram itu sendiri. Meskipun demikian, banyak juga yang belum mengerti bagaimana cara pembuatan baglog, serta bagaimana jamur tiram itu dapat diolah, oleh Karena itu Tim KKN PPM Tematik UNDIP melakukan pelatihan pembuatan baglog dan pembuatan olahan jamur tiram masing-masing pada Minggu, 13 Agustus 2017, dan pada Sabtu serta Minggu, 12 dan 13 Agustus 2017.

Pelatihan-pelatihan tersebut merupakan realisasi aksi dari pemberian teori-teori yang telah dilaksanakan pada sosialisasi terhadap warga Desa Jagalan Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten yang sebelumnya telah dilakukan pada Rabu, 9 Agustus 2017, dimana telah disampaikan materi-materi seperti media-media baglog, penataan kumbung yang baik, pembuatan olahan jamur tiram, hingga pengemasan dll.

Pelatihan pada Sabtu dan Minggu, tanggal 12 dan 13 Agustus 2017 meliputi demo memasak olahan jamur tiram, yaitu ada nugget jamur, sosis jamur, hingga kripik jamur. Dimana pelatihan ini kebanyakan diikuti oleh ibu-ibu yang tertarik pada pengolahan jamur tiram itu sendiri. Pelatihan pada hari Sabtu diadakan di balai desa, desa Jagalan, dan di RW 6 pada hari minggu. Pelatihan-pelatihan tersebut membuka pandangan ibu-ibu yang telah datang, dimana usaha yang melibatkan jamur tidak hanya budidaya dan penjualan jamur tiram saja, tetapi dapat banyak dijadikan olahan-olahan yang nikmat dan memiliki nilai jual yang tinggi pula.

Sedangkan pelatihan pada hari Minggu sore, yaitu pelatihan pembuatan baglog, diadakan di rumah Bp. Sugiarto di RW 6 desa Jagalan. Pada pelatihan ini, Tim KKN UNDIP dibantu oleh Bp. Seno dari desa Jagalan yang kebetulan sudah pernah membuat baglog, sehingga informasi dari pembuatan baglog dari Tim KKN UNDIP dan Bp. Seno dapat tersalurkan ke warga dengan baik dan selengkap-lengkapnya. Dari pelatihan tersebut, diharapkan warga-warga yang berminat untuk budidaya jamur tetapi memiliki masalah dalam masalah pembibitan atau bingung dalam pencarian baglog, dapat mengatasi masalah tersebut, dan budidaya jamur di desa Jagalan semakin meningkat, dan menjadikan desa Jagalan dikenal akan jamur tiramnya.

IMG_0329

IMG_0336

IMG_0347