PHBS dan Gizi Seimbang, sudahkan diperkenalkan kepada ibu dan anak-anak?

(Kota Semarang, Tlogosari 22/7) – Mahasiswa KKN Undip mencoba mengenalkan kembali perilaku hidup bersih dan sehat serta pemenuhan kebutuhan gizi yang cukup dan seimbang diperlukan guna mencegah terjadinya stunting, gizi buruk, atau penyakit menular/tidak menular lainnya akibat menurunnya fungsi kekebalan tubuh dan metabolism yan terganggu. Sasaran pertama yang dituju dalam edukasi ini yang pertama merupakan ibu rumah tangga yang secara umum mengelola kebersihan dan kebutuhan pangan rumah tangga, diharapkan dapat meneruskan informasi yang diperoleh kepada anggota keluarga lainnya, selanjutnya anak-anak juga menjadi sasaran kegiatan ini, karena kebersihan diri dan lingkungan, serta pemenuhan gizi juga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Pengenalan kebutuhan gizi seimbang yang dibutuhkan sangatlah penting diedukasikan sejak kepada anak-anak, sehingga diharapkan anak-anak mengenali jenis makanan sehat dan manfaatnya bagi tubuh dan memiliki kemauan yang besar untuk mengonsumsi makanan yang beragam dan sehat.
Edukasi mengenai makanan yang sehat dan seimbang kepada anak sangatlah diperlukan apalagi ditengah kondisi masyarakat saat ini yang masih berada dimasa pandemi Covid-19 dan ancaman penyakit menular lainnya. Edukasi ini juga diharapkan dapat mencegah resiko penyakit tidak menular pada anak dikemudian hari, seperti misalnya hipertensi atau diabetes melitus, mengingat penyakit ini tidaklah mengenal angka usia penderitanya.

Selain itu, perilaku hidup bersih dan sehat juga sangat perlu ditanamkan pada kehidupan dan sosial sejak anak-anak agar dapat dibangun sifat dan sikap peduli terhadap kebersihan yang dapat dijadikan sebuah kebiasaan dalam hidup dalam sosial masyarakat. Pada anak-anak diperkenalkan mengenai apa dan bagaimana berperilaku hidup yang bersih dan sehat seperti mencuci tangan, membuang sampah pada tempatnya, beraktivitas diluar ruangan, membersihkan diri setelah beraktivitas diluar rumah, makan makanan bergizi dan sehat, dan perilaku sehat yang lainnya. Sehingga diajarkan pula bagaimana cara mencuci tangan dan menyikat gigi yang baik dan benar dan mengenalkan juga jenis makanan sehat dan porsi yang sesuai dengan dasar pedoman isi piringku.

Pelaksanaan program kerja KKN ini dilakukan pada kelompok belajar (KB) anak di RT 02 / RW 04 Kelurahan Tlogosari Wetan dan juga ibu rumah tangga di lingkungan RW 04 dengan media poster sebagai ilustrasi penyampaian materi.

Penulis : Dian Firdianingsih/Fakultas Kedokteran
DPL : Dr. Yoyok Budi Pramono, S.Pt., M.Si
Lokasi : Kelurahan Tlogosari Wetan, Pedurungan.

Sumber gambar : dokumentasi pribadi Dian Firdianingsih.