BARU! POSYANDU REMAJA KELURAHAN MANGUNJIWAN RINTISAN MAHASISWA KKN UNDIP

https://i.ibb.co/bg26X0f/IMG-20220724-103553.jpg

Mangunjiwan (24/07), remaja menjadi tolak ukur kesuksesan suatu bangsa. Pada masa seperti ini kesehatan remaja seringkali terabaikan dengan kesibukan masing-masing individu. Remaja dianggap memiliki daya kekebalan tubuh yang sudah baik sehingga kesehatan tidak diperhatikan. Laporan dari Bapak Suwandono, AMG selaku ahli gizi di puskesmas Demak III bahwa setelah dilakukan pemeriksaan sample secara acak pada siswi SMA/SMK di sekitar Kelurahan Mangunjiwan didapatkan hasil 26 siswi dari 30 siswi yang diperiksa mengidap anemia defiensi besi yang berarti bahwa tubuh siswi-siswi tersebut kekurangan zat besi yang mengakibatkan penurunan jumlah darah merah yang dibutuhkan. Fakta tersebut menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya stunting dalam jangka panjang, dimana remaja putri akan menjadi calon ibu yang melahirkan anaknya.

Posyandu Remaja menjadi wadah penting dalam pencegahan dini kasus stunting. Kegiatan rutin yang dilakukan dalam posyandu remaja yaitu pemeriksaan kesehatan secara berkala pada remaja serta pemeberian kapsul Fe dalam rangka menimalisir kasus anemie defiensi besi yang sering terjadi pada remaja saat ini. Dengan adanya pemeriksaan berkala pada remaja bertujuan dapat dilakukannya penanganan sejak dini terkait dengan masalah kesehatan para remaja.

https://i.ibb.co/StBtcqS/IMG-20220724-120216.jpg

Kelurahan Mangunjiwan memiliki niat untuk mendirikan Posyandu Remaja ini sudah sejak lama dengan melihat masalah yang ditemukannya. Namun banyaknya kendala seperti kurangnya antusias dari remaja serta dana yang terbatas menjadi alasan pendirian Posyandu Remaja belum terlaksana. Oleh sebab itu, mahasiswa KKN Undip Kelurahan Mangunjiwan membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan menjadi pioneer berdirinya Posyandu Remaja di Kelurahan Mangunjiwan. Dengan dukungan dari stakeholder yang berkaitan seperti pihak Kelurahan, Puskesmas, Karang Taruna, serta Dinas Kesehatan, dan bantuan dari adik-adik Saka Bakti Husada Puskesmas Demak III pada hari Minggu, 24 Juli 2022 Mahasiswa KKN Kelompok 29 Tim II Undip Kelurahan Mangunjiwan Tahun Ajaran 2021/2022 berhasil membuat kegiatan “Launching Posyandu Remaja” bersama dengan pihak – pihak tersebut dan remaja – remaja di Kelurahan Mangunjiwan.

https://i.ibb.co/NtKDbWs/IMG-20220724-112508-1.jpg

GEMILANG disepakati sebagai nama dari Posyandu Remaja di Kelurahan Mangunjiwan dengan arti Gerakan Remaja Millenial Sehat dan Cemerlang. Kegiatan Launching Posyandu Remaja tersebut memiliki beberapa rangkaian acara yaitu adanya pengenalan posyandu remaja dengan menekankan pada kepedulian terhadap kesehatan tubuh remaja, penyuluhan materi mengenai anemia di rongga mulut, serta NAPZA untuk menjaga moril para remaja. Kegiatan ini diikuti dengan antusias yang besar dari para remaja serta pihak yang diundang.

Penulis : Nabila Indar Parawangsa
Prodi : Ilmu Ekonomi
Fakultas : Ekonomika dan Bisnis
DPL : Damar Nurwahyu Bima, S.Si., M.Si.
Lokasi : Kelurahan Mangunjiwan, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak