Home » Lokasi KKN » Kab. Kendal » Pembuatan Pupuk Organik dengan Petani Cepokomulyo

Pembuatan Pupuk Organik dengan Petani Cepokomulyo

IMG_7658 - Copy

Cepokomulyo, Sabtu (12/8) mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Cepokomulyo melaksanakan salah satu program multidisiplin yaitu Pembuatan Pupuk Organik dari Bonggol Pisang. Dalam program ini dilakukan pemanfaatan bahan-bahan alami untuk membuat pupuk. Disini kami memilih bonggol pisang karena terdapat banyak pohon pisang di Cepokomulyo.

Hal pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan bonggol pisang yang sudah roboh. Kemudian bonggol pisang tersebut dicacah hingga halus. Kegiatan pencacahan dilakukan di rumah Ketua Kelompok Tani Cepokomulyo yaitu Pak Lebe. Setelah dicacah, kemudian dijemur hingga kering.

IMG_7202

Setelah kering, dicampur dengan cairan EM4 yang sudah diencerkan dan tetes tebu yang sudah diencerkan. Pencampuran dimulai dengan sepertiga bonggol pisang kering dilapisan paling bawah. Setelah itu larutan EM4 dan tetes tebu dicampurkan. Hal tersebut diulangi sampai bonggol pisang kering habis.

Setelah selesai mencapurkan bonggol pisang kering dengan larutan, wadah ditutup dan dibiarkan berfermentasi. Pengadukan dilakukan setiap seminggu sekali. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para petani desa Cepokomulyo, yang dilaksanakan di halaman rumah Pak Abidin.