Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Edukasi Terkait Strategi Pemasaran Digital Menggunakan Copywriting Terhadap Pemuda Di Gubuk Tiwul Desa Ngerangan Klaten

Gubuk Tiwul merupakan wisata kuliner yang dapat ditemukan di Desa Ngerangan Kabupaten Klaten. Klaten memang terkenal dengan makanan khasnya, yaitu tiwul. Namun, yang membedakan Gubuk Tiwul dengan wisata kuliner tiwul lainnya bahwa Gubuk Tiwul merupakan usaha mandiri yang dibangun oleh warga RT 09 RW 04 Dusun Kenteng di Desa Ngerangan, Klaten secara gotong royong tanpa mengeluarkan sepersen rupiah pun. Lahan yang dijadikan sebagai tempat wisata kuliner Gubuk Tiwul pun merupakan pinjamam dari salah satu Ketua RT 09 RW 04, yaitu Bapak Dirjo yang juga sebagai pengelola Gubuk Tiwul bersama Bapak Gunadi.
Gubuk Tiwul memiliki hambatan terkait digital marketing karena minimnya pengetahuan mengenai promosi berbasis digital melalui media sosial. Promisi wisata kuliner Gubuk Tiwul hanya dilakukan melalui Facebook dan status Whatsapp yang dibuat dengan sederhana dan sekadarnya. Media sosial Gubuk Tiwul memerlukan perhatian khusus, karena Gubuk Tiwul memiliki potensi yang tinggi hanya saja tidak dikenal masyarakat luas akibat kurangnya promosi melalui media sosial. Promosi Gubuk Tiwul hanya dilakukan dari mulut ke mulut. Tidak hanya itu, promosi Gubuk Tiwul di media sosial tidak memperhatikan pentingnya copywriting yang mana hal tersebut merupakan salah satu bagian terpenting juga dalam suatu pemasaran secara digital dengan menggunakan copywriting yang baik, akan membuat sebuah promosi menjadi lebih efektif.
Sebanyak 11 (sebelas) mahasiswa Universitas Diponegoro dari berbagai fakultas dan jurusan melakukan KKN Tematik di Desa Ngerangan dengan tema “Model Sustainable Rural Tourism Menuju Pemberdayaan Masyarakat yang Responsif Covid-19 di Desa Wisata Ngerangan, Klaten” dengan dosen pembimbing Ibu Novia Sari Ristianti, S.T., M.T. dan Bapak Nurhadi Bashit, S.T., M.Eng.. Salah satu mahasiswa KKN Tematik di Desa Ngerangan bernama Patricia Santa Puella Wangsa berasal dari Fakultas Ilmu Budaya jurusan Sastra Indonesia melakukan sebuah program edukasi terkait strategi marketing menggunakan teknik copywriting pada media sosial untuk menarik pelanggan mengunjungi Gubuk Tiwul sebagai salah satu wisata kuliner di Klaten. Edukasi mengenai copywriting ini dilakukan pada hari Kamis tanggal 15 Juli 2022 kepada 9 (sembilan) pemuda sebagai generasi penerus maupun pendukung yang akan mengelola media sosial Gubuk Tiwul kedepannya. Edukasi copywriting dilakukan pada malam hari di Gubuk Tiwul bersamaan dengan memberikan modul pembelajaran terkait copywriting kepada pengelola Gubuk Tiwul, yaitu Bapak Gunadi yang nantinya diharapkan modul pembelajaran tersebut mampu menjadi pegangan yang bermanfaat untuk kelanjutan media sosial Gubuk Tiwul. Edukasi dilakukan dengan metode presentasi mengenai teknik copywriting yang baik dan benar sehingga dapat menarik pelanggan secara luas.
Adanya edukasi terkait copywriting diharapkan mampu membantu Gubuk Tiwul semakin memikat banyak pengunjung maupun pelanggan secara luas untuk berkunjung dan menikmati produk yang ditawarkan melalui penulisan iklan pada media sosial. Setelah mampu menarik perhatian pelanggan secara luas, maka diharapkan pula dapat menarik keuntungan bagi pendapatan di Gubuk Tiwul.

Penulis : Patricia Santa Puella Wangsa (Sastra Indonesia)

NIM : 13010119130083

#lppmundip #kkntdesangerangan2022 #p2kknundip #undip