Optimalisasi Produktivitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Internet Marketing
Gunungpati – Annisa Rahmadila Damayanti, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022, Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) melakukan sosialisasi terkait internet marketing sebagai media pemasaran di Kelurahan Cepoko, Kecamatan Gunungpati pada Sabtu (30/7/2022).
Perkembangan teknologi saat ini telah banyak memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi. Banyak hal dari sektor kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi itu sendiri, khususnya dalam kegiatan bisnis. Maka dari itu, Annisa Rahmadila Damayanti, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022 membantu UMKM di Kelurahan Cepoko untuk mengembangkan usahanya, khususnya dalam kegiatan pemasaran.
Penggunan internet marketing sebagai alternatif pemasaran dianggap lebih efektif dan menguntungkan dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Selain lebih praktis, jangkauan pemasaran melalui internet bisa lebih luas. Dengan cara-cara yang tepat, penjual bahkan bisa melakukan ekspansi bisnis sampai ke luar negeri.
Edukasi dan pendampingan dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pelaku UMKM mengenai pentingnya internet marketing bagi pemasaran usahanya dengan memanfaatkan media sosial, google bisnisku, serta e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Dengan begitu, UMKM dapat memperluas jaringan konsumen melalui pemanfaatan internet dalam memasarkan produknya sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing bagi UMKM itu sendiri.
Penulis : Annisa Rahmadila Damayanti / 14030119130104 (Administrasi Bisnis – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)
Dosen Pembimbing KKN : Dr. rer. nat. Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng