VIRAL BANGET! DI KOTA SEMARANG SI BENING BISA MENANGANI STUNTING!

Salamanmloyo (12/7) Stunting adalah sebuah gangguan tumbuh kembang yang dialami oleh anak anak yang mengalami sebuah gizi buruk, infeksi berulang dan stimulasi psikososial yang tidak memadaai sesuai dengan WHO, 2015. Menurut penelitian WHO pada tahun 2020 sebanyak 22% atau sekitar 149,2 Juta balita didunia mengalami stunting, sedangkan di Indonesia menurut survey status gizi balita Indonesia atau SSGBI pada tahun 2019, angka stunting di Indonesia mengalami penurunan menjadi 27,7%, namun meskipun sudah mengalami penurunan, stunting di Indonesia masih menjadi sebuah permasalahan yang harus diutamakan, dikarenakan angka stunting di Indonesia pun masih lumayan tinggi. Salah satu dampak yang dialami anak stunting adalah perkembangan kognitif, motoric dan verbal anak yang tidak dapat optimal. Dan untuk kedepannya diumur yang lebih lanjut anak stunting cenderung dapat mengalami obeseitas dan penyakit lainnya serta kapasitas belajar dan performa anak serta produktifitas dan kapasitas kerja juga menjadi tidak optimal serta berdampak buruk terhadap kesehatan reproduksi.

Di Semarang sendiri sesuai dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menjadikan kota Semarang sebagai Pilot Project yang dimana kota Semarang ini dipilih dikarenkan penanganan ibu hamil dan stunting di kota Semarang dinilai sangat baik. Dengan adanya hal ini kota Semarang juga membangun sebuah pemfokusaan dimana pertiap kelurahan yang ada di kota Semarang diharapkan untuk memberikan ibu asuh bagi anak stunting yang dimana hal ini dipergunakan untuk memenuhi anak anak yang terkena stunting, hal ini selaras dengan project yang dipimpin oleh Ibu Kresseptiana Hendrar Prihadi atau Ibu Tia sebagai Ketua Forum Kota Sehat Kota Semarang yakni dengan adanya project SI BENING yang dimana disingkat dengan Semua Ikut Bergerak Bersama Menangani Stunting, hal ini diharapkan untuk semua kelurahan yang ada di Semarang untuk mengasuh anak anak yang terkena stunting di daerahnya (kelurahan) yang diharapkan dengan adanya ibu asuh ini dapat mengurangi angka stunting yang ada di Semarang.

Launching atau peresmian SI BENING ini dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Juli 2022 yang bertempat pada Balaidesa Kelurahan Salamanmloyo yang dihadiri oleh Ibu Ketua Forum Kota Sehat Kota Semarang Ibu Kresseptiana Hendrar Prihadi dan dihadiri juga oleh Walikota Semarang yakni Bapak Hendrar Prihadi dan dihadiri pula oleh beberapa perangkat kelurahan dan kecamatan yang ada di kota Semarang. Peresmian ini juga sebagai permulaan dilaksanakannya penanganan stunting yang ada di Semarang.