Maraknya Terjadi Kebocoran Data Pribadi, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Melakukan Sosialisasi Literasi Digital Pentingnya Perlindungan Data Pribadi Kepada Masyarakat

Sosialisasi-2

Kec. Jatiasih, Kota Bekasi (30/7) – Bocornya data pribadi sering tanpa disadari oleh kita semua dapat terjadi karena kelalaian, dan ketidakwaspadaan dari korban, yaitu warga masyarakat itu sendiri. Contoh dalam hal memberikan nomor pribadi kita kepada orang lain yang tidak dikenal, melakukan pendaftaran akun, dan log in ke suatu website yang mencurigakan, memasang, dan mengizinkan aplikasi yang ternyata mengandung virus, tidak sengaja mengklik iklan ads yang sering beredar di internet, dan lain sebagainya.

Terlebih lagi karena adanya wabah pandemi COVID-19 dari tahun 2019 sampai dengan saat ini, menyebabkan segala kegiatan menjadi terbatas dan lebih banyak di rumah saja. Dengan begitu terjadi lonjakan intensitas penggunaan internet, aplikasi pendukung, serta media sosial lainnya membuat kita semua harus lebih banyak berhati-hati dan selalu waspada terhadap kejahatan telematika yang semakin canggih. Momen ini banyak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk menipu, membobol, dan menyalahgunakan data-data pribadi orang yang lalai untuk mendapatkan keuntungan, seperti mendaftarkan data diri korban ke pinjaman online illegal, dijual ke darkweb, bahkan melakukan pemerasan kepada kerabat korban.

Sosialisasi-3

Oleh sebab itu, untuk dapat mengantisipasi akibat-akibat buruk seperti yang dikemukakan di atas, maka mahasiswa KKN TIM II UNDIP Tahun 2021/2022 mengadakan rangkaian kegiatan Program Kerja Mono Disiplin pada Minggu ke-4 KKN (29-30 Juli 2022) yang dilaksanakan oleh Hikmah Al Isyraq dengan melakukan sosialisasi keliling door to door ke warga masyarakat RT.03, dan wilayah sekitar Kelurahan Jatiasih, serta menempelkan poster di tempat balai warga dan pos siskamling. Program ini bertujuan untuk dapat memberikan edukasi literasi digital kepada warga masyarakat mengenai pentingnya perlindungan data pribadi di era modern seperti saat ini.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan warga masyarakat dapat lebih paham, dan meningkatkan kewaspadaan terhadap privasi mereka masing-masing ketika menggunakan internet, sehingga dengan begitu dampak buruk akibat kebocoran data pribadi dapat dihindari.

Penulis: Hikmah Al Isyraq, Mahasiswa Fakultas Hukum Undip
Lokasi KKN: Kelurahan Jatiasih, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.
DPL KKN: Dr. Aminah SH, M.Si.
KKN TIM II UNDIP Periode 2021/2022