Meningkatkan Kualitas UMKM di Kelurahan Jatikramat – Bekasi, dengan Mahasiswa Undip

Pada hari kedua Jumat, 29 Juli 2022 telah diadakan program penyebaran dan pemaparan modul ‘Marketing Mix/4P’. Program ini ditujukan untuk memajukan UMKM yang ada di sekitar Kelurahan Jatikramat, juga menunjang terwujudnya SDGs no 8, yakni “Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi”. SDG’s sendiri merupakan singkatan dari Sustainable Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yakni kesepakatan pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan. TPB/SDGs berprinsip Universal, Integrasi dan Inklusif, untuk meyakinkan bahwa tidak ada satupun yang tertinggal.
Marketing Mix atau 4P adalah kumpulan variabel pemasaran yang digabungkan dan dikendalikan oleh sebuah perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dari target market. Konsep marketing mix ini pertama kali diperkenalkan oleh Neil Borden yang terinspirasi dari gagasan James Cullington pada pertengahan abad ke 20. Konsep pemasaran ini pada awalnya memiliki 4 elemen utama yang dikenal dengan istilah konsep marketing 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion.

umkm-1
umkm-2

Penyebaran dan Pemaparan Modul Marketing Mix/4P

Dengan adanya program ini, diharapkan UMKM di Kelurahan Jatikramat dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang disebarkan, sehingga dapat memasarkan produk mereka lebih baik lagi. Banyak respon dan antusiasme yang suportif dari masyrakat maupun pihak kelurahan Jatikramat dari berjalannya program ini. Diharapkan, Semua program yang telah dilaksanakan dapat bermanfaat positif bagi Kelurahan Jatikramat.
Penulis : Julia Gabriel, Tim KKN Kelurahan Jatiasih, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.
KKN UNDIP TIM II Universitas Diponegoro 2021/2022
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Aminah SH, M.Si.