Home » beranda » Generasi Penerus Bangsa butuh Literasi Media Desa Selokarto

Generasi Penerus Bangsa butuh Literasi Media Desa Selokarto

BATANG, 27/07/17- Puluhan siswa di SD N 01 Selokarto Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang mengikuti kegiatan Literasi Media Generus Penerus Bangsa yang diadakan oleh mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip). Jenis media yang dibahas dalam kegiatan tersebut adalah televisi. Para siswa begitu antusias dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh Fajrina Aulia yang merupakan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi. Hal tersebut terlihat dari banyaknya siswa yang aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. Namun ketika ditanya mengenai jenis-jenis media, terdapat hal unik yang terjadi. Rata-rata mereka menjawab jenis media seperti Facebook, Youtube, Google, WhatsApp dan berbagai media online lainnya. Tak ada satupun yang menjawab televisi.

23a 23b 23c

Penyampaian materi literasi media oleh Fajrina Aulia

Kemudian Fajrina memberikan penjelasan lengkap mengenai media. Setelah itu, siswa menjawab pertanyaan mengenai tayangan televisi yang mereka tonton. Mirisnya, banyak siswa yang menonton sinetron dengan berbagai adegan yang tidak sesuai dengan umur mereka. “Dunia Terbalik! Anak Langit! Roman Picisan!” jawab Topa, salah satu siswa kelas 5 ketika ditanya sinetron apa yang ditonton setiap harinya. Kemudian anak-anak diberikan informasi dan pengarahan mengenai simbol-simbol di dalam tayangan televisi yang boleh mereka tonton dan tidak boleh ditonton beserta jenis adegan yang tidak boleh ditiru.

Selain di SD N 1 Selokarto, literasi media juga dilakukan di Sekolah Juara yang merupakan wadah belajar yang dikelola seacara swadaya oleh masyarakat Desa Selokarto. Sekolah Juara ini memiliki belasan siswa yang telah berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.

23e 23d

Pembelajaran di sekolah juara yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat

Literasi media merupakan kemampuan memahami dunia media massa sehingga kritis dan selektif dalam menerima informasi dari media serta tidak mudah terpengaruh pesan terang-terangan dan adegan yang tidak pantas ditiru di media. Pembekalan sejak dini terhadap media perlu diterapkan. Harapannya, anak dapat memilih tayangan televisi yang baik dan menjadi generasi penerus yang pintar dalam pendidikan media. Kegiatan pun berakhir dengan sesi foto bersama.

23f

Foto bersama dengan siswa SD N 01 Selokarto