Mahasiswa Undip Memberikan Edukasi Terkait Kewajiban Imunisasi Pada Anak Guna Meningkatkan Kesadaran Masyarakat RT 07 di wilayah Kelurahan Harapan Mulya

Bekasi, (4/8/2022) – Memenuhi hak anak dapat dilakukan melalui hidup sehat dengan diberikannya imunisasi. Imunisasi merupakan hak setiap anak Indonesia yang dijamin oleh Undang-Undang, guna mencegah terjadinya berbagai penyakit, sehingga bermanfaat besar bagi kesehatan generasi mendatang.Sementara pengertian imunisasi sendiri yaitu upaya efektif untuk melindungi anak dari penyakit infeksi dengan pemberian vaksin. Vaksin adalah substansi (antigen) yang digunakan untuk merangsang terbentuknya antibodi dan menyediakan imunitas dalam melawan satu atau beberapa penyakit.

Whats-App-Image-2022-08-04-at-6-50-24-PM

Hak anak dalam pemberian imunisasi juga tercantum dalam UU Perlindungan Anak dan UU Kesehatan No. 36/2009. Berdasarkan data Kementrian Kesehatan, terdapat 1,7 juta anak di Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap selama pandemic Covid-19. Sementara itu, di Indonesia diketahui sebagian besar orang tua takut membawa anaknya imunisasi karena dikhawatirkan akan demam, padahal tidak masalah karena demam itu merupakan indikasi bahwa vaksin yang diberikan telah bekerja dengan baik.Berdasarkan survey yang telah dilakukan di RT07/RW01 Kelurahan Harapan Mulya para orangtua yang memiliki balita masih banyak yang khawatir apabila anaknya di imunisasi karena alesan demikian.

Whats-App-Image-2022-08-04-at-6-50-43-PM

Selain itu , masih banyak orangtua di daerah tersebut yang belum mengetahui apa pentingnya imunisasi serta bagaimana cara melakukan imunisasi. Oleh karena itu, sangat penting dilakukannya pemberian edukasi terkait pemberian imunisasi lengkap di daerah tersebut.
Carrisa Ardelia Hasyifah (21) sebagai Mahasiswa D4 Informasi dan Hubungan Masyarakat yang mengikuti kegiatan KKN TIM II Universitas Diponegoro melakukan pemberian edukasi secara virtual melalui platform zoom pada masyarat RT07 Kelurahan Harapan Mulya. Dengan tujuan mengajak masyarakat agar lebih aware terhadap berbagai penyakit yang mungkin dapat menyerang balita apabila tidak diberi imunisasi rutin. Antusiasme masyarakat dalam menerima edukasi ini sangat baik. Mereka ikut hadir dalam zoom ini sampai selesai. Tidak hanya melalui zoom , Saya juga memberikan output berupa leaflet dan poster menarik dan informatif terkait pentingnya imunisasi agar masyarakat setempat teredukasi dengan baik.

Penulis : Carrisa Ardelia Hasyifah
(Fakultas Sekolah Vokasi Informasi dan Hubungan Masyarakat)
DPL : Dr. Aminah, S.H., M.Si.
Lokasi KKN : Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi.