Mahasiswa Tim II KKN Undip Ajak UMKM Mengenal Pentingnya Digital Marketing Dalam Rangka Pemberdayaan UMKM Desa Geparang
Purworejo, (15/07/2022) Mahasiswa Tim II KKN Undip 2021/2022 melakukan program edukasi terkait pentingnya digital marketing di era modern saat ini. Di era yang serba digital ini penggunaan smartphone dan internet semakin gencar menjadikan tren digitalisasi marketing mengalami perkembangan yang pesat. Digital marketing dikenal sebagai strategi untuk menjangkau maupun memperluas target pasar sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan. Besarnya peluang tersebut menyebabkan banyak pelaku UMKM bersaing dalam memanfaatkan social media dan platform online dalam mempromosikan produk atau jasanya. Adapun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu kegiatan yang dapat membawa banyak peluang dan pertumbuhan bagi dunia bisnis. Untuk memaksimalkan keuntungan, perlu adanya teknik pemasaran yang dilakukan secara tepat. Salah satu cara yang populer saat ini dalam menarik minat pelanggan agar membeli suatu produk adalah dengan digital marketing yaitu melakukan pemasaran menggunakan platform digital berbasis online. Selain itu, terdapat beberapa kesulitan dalam melakukan usaha diantara seperti kesulitan dalam pemasaran sehingga Tim II KKN Undip 2021/2022 memberikan solusi dengan cara pelatihan dan pengembangan UMKM melalui digitalisasi marketing. Selain itu, juga membantu UMKM dalam pembuatan akun Instagram guna memudahkan untuk melakukan promosi secara digital.
Dengan adanya fenomena tersebut menyebabkan salah satu anggota TIM II KKN Undip dari Jurusan Manajemen yaitu Ika Sabila Nur Aini membuat program “Pelatihan digitalisasi marketing dan pembuatan akun sosial media pada UMKM”. Program tersebut dilaksanakan pada Jumat (15/07/2022) di rumah salah satu warga pemilik UMKM Sale Pisang yang diikuti oleh pelaku UMKM Desa Geparang dan program lanjutan dilaksanakan pada Senin (01/08/2022) di Balai Desa Geparang dengan peserta beberapa pelaku UMKM di Desa Geparang, Ibu Pokja PKK, dan Perangkat Desa.
Proses sosialisasi atau edukasi dapat terlaksana dengan baik, program ini telah disetujui oleh Kepala Desa, Ketua RT, dan pelaku UMKM. Program ini dimulai dengan pemberian materi tentang digital marketing kepada salah satu pelaku UMKM yaitu UMKM Sale Pisang Mba Umi Baroroh. Setelah itu, dilanjutkan dengan sosialisasi lanjutan dengan sasaran beberapa pelaku UMKM di Desa Geparang. Sosialisasi ini ditujukan untuk mengedukasi pelaku usaha tentang pentingnya pemasaran online yang efektif dan tepat sasaran.
(Foto Pemberian Edukasi pentingnya digital marketing kepada pelaku UMKM)
(Foto Penyerahan Leaflet Digitalisasi Marketing kepada pelaku UMKM)
(Foto Leaflet Digitalisasi Marketing)
Program lanjutan dilaksanakan pada Senin, (01/08/ 2022) di Balai Desa Geparang dengan peserta beberapa pelaku UMKM di Desa Geparang, Ibu Pokja PKK, dan perangkat desa. Kegiatan sosialisasi ini diawali dengan pembukaan oleh salah satu mahasiswa KKN Undip, dilanjutkan dengan pembukaan oleh Kepala Desa, dan penyampaian materi oleh mahasiswa KKN Undip. Pada akhir acara juga dilakukan foto bersama peserta sosialisasi.
(Foto Sambutan oleh Kepala Desa Geparang)
(Foto Penyampaian Materi oleh Mahasiswa KKN Undip)
Materi edukasi yang diberikan pada program ini yaitu pentingnya strategi digital marketing khususnya pada platform Instagram. Dalam kegiatan tersebut, peserta diajarkan untuk membuat akun sosial media Instagram sebagai media dalam memasarkan produk maupun jasa nya. Selain itu, juga diberikan video edukasi terkait pembuatan konten kreatif dan branding produk.
Penerapan digital marketing memiliki manfaat utama yaitu pelaku UMKM sebagai penjual dapat terhubung dengan pelanggan kapan pun dan di mana pun secara online. Melalui platform digital seperti media sosial, pelaku UMKM dapat berinteraksi dengan pelanggan secara real time. Hal ini tidak hanya menguntungkan penjual tetapi juga pelanggan karena mereka tidak harus datang langsung ke lokasi usaha dari pelaku UMKM.
Poster terkait Digitalisasi Marketing
(Foto bersama peserta kegiatan sosialisasi Digital Marketing)
Dengan adanya program ini, diharapkan para pelaku UMKM di Desa Geparang dapat memasarkan produknya dan mampu bersaing di era yang serba digital ini dan dapat bersaing dengan kompetitor. Selain itu, diharapkan dapat membangun ekonomi kreatif di Desa Geparang yang nantinya akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat.
Penulis : Ika Sabila Nur Aini – Manajemen 2019
Lokasi : Desa Geparang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo
DPL : Arifa Rachma Febriyani S.I.Kom., M.I.Kom