Home » beranda » Gerakan Desa Sehat Selokarto Bebas HIV

Gerakan Desa Sehat Selokarto Bebas HIV

BATANG, Kamis, 27 Juli 2017- Mahasiswa KKN UNDIP Tim II yang ditempatkan di Desa Selokarto, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang melakukan penyuluhan akan pentingnya pencegahan dan penanggulangan penyakit HIV/AIDS di Dusun Manggunan. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Manggungan karena terdapat beberapa warga tunasusila di dusun tersebut dan dilatarbelakangi adanya beberapa kasus meninggalnya warga setempat akibat terjangkit penyakit HIV/AIDS. Tim KKN Desa Selokarto juga dibantu oleh pihak Puskesmas Kecamatan Pecalungan, yaitu Pak Wahyu.

25

Antusiasme warga Desa Manggunan mengikuti kegiatan penyuluhan

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB, bertempat di kediaman Bapak Wasmadi selaku Kepala Dusun Manggunan. Beliau kemudian memberikan sambutan untuk membuka acara. Selanjutnya Tim KKN Desa Selokarto menyampaikan materi mengenai HIV/AIDS seperti pengenalan virus dan penyakit  HIV/AIDS, bagaimana cara virus HIV menjadi penyakit AIDS, bagaimana penularan, pencegahan, dan test HIV serta cara menyikapi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). Selama pemyampaian materi, warga cukup antusias dengan memberikan tanggapan secara langsung.

25a25b

Penyampaian materi HIV/AIDS oleh mahasiswa KKN Undip

Kemudian dilanjutan dengan penyuluhan kesehatan oleh Pak Wahyu dari Puskesmas Kecamatan Pecalungan. Pak Wahyu beberapa kali memberikan masukan mengenai pencegahan virus HIV. “ibu-ibu, cara pencegahan yang utama yaitu menjaga kesetiaan. Bojone ojo oleh njajan nggih bu. (suaminya jangan diperbolehkan “njajan” ya bu.)” ucapnya disambut gelak tawa dari warga.

25c

Pak Wahyu dari Puskesmas Kecamatan Pecalungan memberikan materi mengenai hidup sehat

Acara berjalan dengan lancar dan berakhir pada pukul 11.00 WIB.  Diharapkan warga yang mengikuti sosialisasi ini dapat mencegah dan mengurangi resiko terjangkit virus HIV agar desa Selokarto menjadi desa yang sehat bebas HIV/AIDS. “Saya berterima kasih kepada mbak-mbak dan mas-mas KKN yang telah memfasilitasi kegiatan ini dan berharap dapat menjadi penggerak bagi warga Desa Manggunan untuk lebih baik lagi.” Ucap Pak Wasmadi menutup kegiatan penyuluhan bebas HIV/AIDS.