Dongkrak Pemasaran secara Online, Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Marketplace pada Pelaku UMKM di Desa Geparang sebagai Sarana Memasarkan Produk
Kegiatan penyampaian materi sosialisasi
Purworejo (01/08/2022) – Lestari Ningrum, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2022, Program Studi Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, melaksanakan program kerja monodisiplin “Edukasi mengenai Strategi dan Cara Pemasaran Produk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) melalui Marketplace” di Desa Geparang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo.
Adanya pandemi Covid-19 berdampak bagi perekonomian masyarakat, termasuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Geparang. Berdasarkan survey KKN yang telah dilakukan, dampak pandemi Covid-19 ini menyebabkan penjualan produk UMKM mengalami penurunan. Selain itu, permasalahan lain yang dihadapi pelaku UMKM adalah jangkauan pemasaran produk yang hanya berada di sekitar daerah setempat. Pelaku UMKM memasarkan produknya dengan cara menyetorkan produk warung-warung dan toko-toko disekitarnya, hal ini menyebabkan produk UMKM hanya dikenal oleh masyarakat daerah sekitar saja. Pelaku UMKM memiliki keinginan untuk memperluas jangkauan pemasaran produk melalui pemasaran secara online sehingga dapat meningkatkan penjualan, tetapi masih terkendala dengan kurangnya pengetahuan mengenai pemasaran secara online.
Foto bersama dengan peserta sosialisasi
Berdasarkan latar belakang tersebut, Lestari Ningrum salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2022 mencanangkan program kerja monodisiplin yaitu edukasi mengenai strategi dan cara pemasaran produk UMKM melalui marketplace dengan sasaran pelaku UMKM di Desa Geparang. Program diberikan dalam bentuk sosialisasi mengenai strategi dan cara pemasaran produk UMKM melalui marketplace.
Program ini bertujuan untuk mengenalkan pemasaran secara online melalui marketplace. Selain itu, adanya program ini juga bertujuan untuk mendorong pelaku UMKM supaya dapat mulai memasarkan produknya secara online melalui marketplace, sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan penjualan produk UMKM.
Leaflet cara pemasaran produk melalui marketplace shopee
Sosialisasi diberikan melalui media presentasi power point. Terdapat juga leaflet yang dibagikan kepada pelaku UMKM yang berisi langkah-langkah untuk berjualan di marketplace, dimulai dengan pengertian aplikasi marketplace shopee, cara mendaftar akun shopee, cara membuat akun toko, cara mengupload dan mengatur produk, cara memproses orderan, dan cara mengaktifkan gratis ongkir. Selain itu juga terdapat poster yang berisi mengenai pengertian marketplace, manfaat marketplace sebagai sarana berjualan, dan strategi pemasaran melalui martketplace.
Poster manfaat dan strategi pemasaran secara online melalui marketplace
Program ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Jumat, 15 Juli 2022 secara door to door di rumah pelaku UMKM sale pisang dan pada hari Senin, 01 Agustus 2022 di Balai Desa Geparang dengan dihadiri 13 orang pelaku UMKM dan 5 orang Pokja PKK Desa Geparang. Pelaksanaan program diawali dengan penjelasan mengenai marketplace yang disampaikan oleh mahasiswa lewat media presentasi power point yang berisi pengertian marketplace, jenis-jenis marketplace, marketplace terbesar di Indonesia, manfaat dan keuntungan berjualan di marketplace, serta strategi pemasaran produk melalui marketplace. Kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan leaflet cara pemasaran produk melalui markerplace shopee. Pada kesempatan ini juga, mahasiswa KKN mengajari pelaku UMKM membuat akun toko di shopee sebagai sarana berjualan secara online.
Para pelaku UMKM sangat antusias dan bersemangat selama berlangsungnya program ini. Menurut pelaku UMKM, pemberian edukasi ini sangat membantu mereka dalam memperoleh informasi mengenai pemasaran secara online melalui marketplace. Apalagi dengan adanya leaflet berisi mengenai cara pemasaran produk melalui marketplace shopee ini tentunya akan membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produk melalui marketplace shopee.
Penyerahan leaflet kepada pelaku UMKM sale pisang
Pemberian edukasi mengenai strategi dan cara pemasaran produk UMKM melalui marketplace dan pelatihan pembuatan akun toko di marketplace shopee ini diharapkan dapat mendorong pelaku UMKM untuk mulai memasarkan produknya secara online melalui marketplace, sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran produk dan dapat menjadikan produk UMKM semakin dikenal oleh masyarakat luar daerah, serta dapat meningkatkan penjualan produk. Selain itu, pemberian program ini juga diharapkan dapat menambah wawasan bagi pelaku UMKM mengenai pemasaran produk secara online melalui marketplace.
Penulis : Lestari Ningrum (Ekonomi – Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro)
Dosen Pembimbing Lapangan : Arifa Rachma Febriyani, S.I.Kom., M.I.Kom.