Mahasiswa KKN Undip Beri Tips Strategi Pemasaran yang Efektif pada UMKM di Proyonanggan Tengah

Reportase-1

Proyonanggan Tengah – Rabu (13/07), Unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau disebut UMKM merupakan salah satu usaha yang akhir-akhir ini memiliki perhatian yang khusus. Hal ini dikarenakan UMKM memberikan kontribusinya yang cukup tinggi dalam pendapatan nasional dan juga penyerapan tenaga kerja yang banyak. Di era digital ini, UMKM semakin maju berkat kemudahan dalam mempromosikan produk mereka dan juga jangkauan konsumen yang dapat dilayani semakin jauh. Sehingga, UMKM dikatakan sebagai pelaku utama dalam perekonomian rakyat di Indonesia.

Proyonanggan Tengah sebagai salah satu kelurahan di Kecamatan Batang memiliki ratusan UMKM yang aktif di bidangnya masing-masing. Namun, tidak sedikit UMKM di kelurahan tersebut masih berjalan dengan cara tradisional. Mereka masih memasarkan produk mereka hanya pada tetangga dan warga sekitar saja. Di samping itu, sedikit dari mereka yang sudah memiliki suatu merk yang menjadi ciri khas mereka. Melihat adanya potensi UMKM yang cukup banyak namun masih berjalan secara tradisional, maka diperlukan suatu dukungan kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan usaha mereka.

Berdasarkan permasalahan dan potensi tersebut, Muhammad Adnan Assidiq, mahasiswa KKN Tim 2 Undip Tahun 2021/2022 berusaha memberikan pengetahuannya dalam perekonomian untuk mensosialiasikan mengenai “Teknik Pemasaran dan Promosi Produk UMKM,” kepada para pelaku UMKM di Proyonanggan Tengah. Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan pelaku UMKM akan cara memasarkan produk mereka dengan efektif agar dapat menambah jumlah dan jangkauan konsumen mereka.

Reportase-2

Program sosialisasi ini dilakukan secara bertahap. Mahasiswa KKN Undip melaksanakan sosialisasi melalui seminar dengan mempresentasi materi kepada para pelaku UMKM di kelurahan Proyonanggan Tengah pada tanggal 13 Juli 2022 bersama dengan stakeholder kelurahan setempat. Acara ini dilaksanakan pada pukul 08.00 s.d 11.00 WIB dengan jumlah peserta sebanyak lebih dari 20 orang pelaku UMKM. Kemudian pada tahap berikutnya, mahasiswa KKN mengunjungi beberapa UMKM untuk melakukan sosialisasi secara langsung terkait lanjutan dari acara yang dilaksanakan pada tahap pertama.

IMG-20220804-093723

Salah satu pelaku UMKM mengungkapkan rasa terimakasih atas kegiatan mahasiswa tersebut yang berusaha untuk membantu mengembangkan usaha UMKM mereka di Proyonanggan Tengah. Diharapkan dengan berjalannya program ini, para pelaku UMKM dapat mengimplementasikan teknik pemasaran pada produk mereka untuk dipasarkan pada para konsumen di sekitar dan luar mereka. Dengan menggunakan ide kreatif dan semangat, diharapkan perkembangan UMKM di proyonanggan Tengah semakin maju.

Penulis : Muhammad Adnan Assidiq – FEB UNDIP – 12020119120005
Dosen Pembimbing Lapangan : Desyta Ulfiana, S.T., M.T.
Lokasi : Kelurahan Proyonanggan Tengah, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang