Minimnya Literasi Digital, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Berikan Sosialisasi Terkait Media Sosial Beserta Dampaknya

IMG-0355

Media sosial atau medsos telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat di jaman ini. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa menggunakan media sosial sebagai sarana berinteraksi. Namun pemanfaatan medsos sebagai wadah berinteraksi kerap menimbulkan dampak buruk, khususnya untuk anak-anak di bawah umur yang belum mengetahui cara menyaring informasi. Oleh karena itu, literasi terkait media sosial beserta dampaknya menjadi hal yang perlu untuk dilakukan pada anak-anak agar mereka tidak salah menangkap pemanfaatan media sosial.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi memberikan dampak yang besar bagi kehidupan, salah satunya cara mereka berkomunikasi. Munculnya berbagai platform media sosial telah menciptakan gaya baru bersosialisasi yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Whatsapp, Instagram, Youtube, Facebook adalah beberapa alternatif favorit public saat ini untuk berbagi informasi. Bukan hanya orang dewasa saja yang banyak menggunakan media sosial atau sekadar menghabiskan waktu luang dengan bermain smartphone, namun anak-anak juga banyak menghabiskan waktu dengan bermain smartphone atau berselancar di media sosial. Bahkan banyak dari mereka yang kecanduan dalam bermain smartphone hingga lupa waktu.

IMG-0359

Sekolah tatap muka sudah dilakukan kembali sejak 11 Juli 2022. Hal tersebut membuat para siswa/i tidak banyak menggunakan smsrtphone dalam proses pembelajaran. Terlepas dari hal itu mereka masih banyak menggunakan ponsel mereka untuk sekedar mengirim pesan singkat, menonton video, berfoto, dan banyak yang menggunakannya untuk bermain game online.

Berkaca pada kondisi tersebut melalui Program KKN Reguler Tim II Universitas Diponegoro, program kerja yang dilakukan pada kegiatan ini yaitu mengembangkan literasi digital dengan memberikan edukasi dan pendampingan bagi siswa-siswi MI Nurul Huda terkait media digital, alat-alat komunikasi, dan jaringan internet serta menjelaskan tentang dampak negatif penggunaan sosial media.

IMG-0349

Program KKN Tim II Universitas Diponegoro yang dibawakan oleh mahasiswi dari Departemen Ilmu Komunikasi Verra Indah Irawati yang membawakan program mengenai Literasi Digital melalui Pengenalan Media Sosial dan dampaknya kepada anak-anak kelas IV MI Nurul Huda untuk mengedukasi anak-anak tentang bahaya sosial media dan bagaimana cara penggunaan sosial media dengan efektif.

IMG20220722085309

Tujuan dari kegiatan ini untuk membina anak-anak dalam menggunakan smartphone agar tidak berlebihan dan menggunakn sosial media dengan bijak. Media sosial bukan hanya menawarkan kemudahan dalam akses informasi atau komunikasi, namun jika itu sudah digunakan dalam batas yang tidak wajar apalagi dalam ranah anak-anak maka akan menjadi hal yang tidak menyehatkan bagi tumbuh kembang mereka. Tujuan lainnya agar para siswa/i dapat memanfaatkan media sosial dalam rangka pengembangan diri di era yang kian hari makin canggih ini.

Penulis : Verra Indah Irawati
DPL : Bapak Ocid Mursid S.T, M.T