Kuliner Sangat Bervariasi di Desa Simo. Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Sosialisasi Peran Layanan Pesan-Antar Makanan Online sebagai Strategi Optimalisasi Kegiatan UKM di Wilayah Desa Simo

Poster-Optimalisasi-UKM

Mahasiswa pelaksana KKN bidang keilmuan Ekonomi mengusung salah satu program kerja yaitu “Sosialisasi Peran Layanan Pesan-Antar Makanan Online sebagai Strategi Optimalisasi Kegiatan Usaha Kecil Menengah (UKM)” yang berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur karena berkaitan dengan pemanfaatan kemajuan teknologi.

Kehadiran layanan yang populer saat ini “GoFood” dan “GrabFood” merupakan sebuah fitur online food-delivery service, dikembangkan oleh aplikasi “Gojek” dan “Grab” yang sangat membantu pengusaha kuliner dalam menjalankan usahanya, hal ini karena keberadaannya sangat membantu dalam bentuk pemasaran dan meningkatkan penjualan. Namun, di Desa Simo, operasi “Grab” dan “Gojek” masih sangat minim. Hal ini sangat disayangkan karena potensi usaha kuliner di Desa Simo sangat baik dan variasinya berkembang dengan pesat.

Perkembangan platform food delivery service didukung semakin luasnya penggunaan internet. Demikian juga jumlah pengguna smartphone yang tinggi menjadi celah peluang bisnis online yang memberikan efisiensi dan kreativitas pemasaran (Ištvanić, 2017). Salah satu transformasi layanan digital berupa jasa hantaran produk secara online termasuk
salah satu jenis usaha yang eksis di masa pandemi Covid-19 (Taufik dan Ayuningtyas, 2020). Salah satu aplikasi digital marketing yang digunakan oleh UKM kuliner di masa pandemi dan new normal adalah food delivery service.

Untuk itu, mahasiswa pelaksana KKN memberikan “Sosialisasi Peran Layanan Pesan-Antar Makanan Online sebagai Strategi Optimalisasi Kegiatan Usaha Kecil Menengah (UKM)” yang dilaksanakan pada Selasa (26/07/2022) di wilayah Desa Simo dengan membagikan brosur kepada para pelaku UKM bidang kuliner dan poster kepada salah satu dukuh potensial dalam pengembangan UKM di Desa Simo yaitu Dukuh Simo RT.02 RW.01.

Proker-Optimalisasi-UKM-di-Simo-RT-02

Brosur dan poster tersebut berisi pemahaman mengenai definisi Layanan Pesan-Antar Makanan Online sekaligus perannya dalam mengoptimalkan kegiatan usahanya, serta bagaimana cara menjadi mitra usaha food-delivery baik “Gojek” dan atau “Grab”. Hal tersebut mendapat antusias dari para pelaku UKM dan masyarakat untuk mengoptimalkan kegiatan usaha, khususnya dalam bidang kuliner.

Pelaksanaan-Proker-Optimalisasi-UKM

Dengan adanya program kerja ini, diharapkan dapat memotivasi pelaku UKM maupun masyarakat di Desa Simo untuk mengembangkan dan memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan “Grab” dan “Gojek” untuk mengoptimalkan kegiatan usaha dan memaksimalkan keuntungan, terutama pada UKM di bidang kuliner.

Penulis : Dewi Septianingrum – Program Studi S1 Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Dosen Pembimbing Lapangan : Naintina Lisnawati, S.KM., M. Gizi.
Lokasi KKN : Desa Simo, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah