Dapat Sebabkan Kematian! Mahasiswa UNDIP Lakukan Edukasi Bahaya Hipertensi dan Pemeriksaan Tekanan Darah di Desa Menganti

Jepara (06/08/2022) – Pada periode KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2021/2022 mengangkat tiga tema utama yang salah satunya yaitu, “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sustainable Development Goals”.
Salah satu mahasiswa bernama Dina Rohmatunnisa’ dari Fakultas Kedokteran melakukan kegiatan edukasi “Bahaya Hipertensi” dan juga pemeriksaan tekanan darah pada remaja di Desa Menganti sebagai wujud penerapan SDG’s Nomor 3 yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia.

FotoJet

Gambar 1. Pemeriksaan Tekanan Darah pada Remaja

Kegiatan tersebut dilakukan agar remaja lebih memperhatikan kondisi kesehatannya, apalagi tekanan darah tinggi sering kali tidak menunjukkan gejala. Seiring waktu, jika tidak diobati, dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke. Selain itu, di era digital yang serba online ini menyebabkan tubuh jarang bergerak dan hal tersebut dapat meningkatkan risiko hipertensi. Oleh karena itu, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pencegahan hipertensi dengan edukasi bahaya hipertensi bagi kesehatan serta pemeriksaan tekanan darah.

Kegiatan ini dilakukan pada Organisasi Anak Desa Menganti (ORNAMEN) yang berlangsung pada hari Jumat, 29 Juli 2022 bertempat di Balai Desa Menganti. Kegiatan dimulai dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai hipertensi, meliputi pengertian dari hipertensi, berapa tekanan darah dikatakan sebagai hipertensi, faktor risiko hipertensi, gejala-gejala hipertensi, dan Tips langkah CERDIK (Cek Kesehatan secara berkala, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Olahraga, Diet seimbang, Istirahat Cukup dan Kelola Stres) cegah hipertensi. Terakhir, dilakukan kuis untuk mengingat materi bahaya hipertensi yang telah dijelaskan.

Whats-App-Image-2022-07-30-at-10-03-17

Gambar 2. Penjelasan Edukasi Bahaya Hipertensi oleh Mahasiswa KKN

Remaja yang tergabung dalam ORNAMEN cukup antusias dengan kegiatan ini, apalagi saat dilakukan pemeriksaan tekanan darah oleh mahasiswa. Diharapkan dengan kegiatan ini, remaja sadar akan bahaya hipertensi dan mau melakukan cek tekanan darah secara rutin guna meningkatkan status kesehatan mereka.

Biru-putih-Moderen-Korporat-Penerimaan-peserta-didik-baru-Poster

Gambar 3. Poster Yuk Cegah Hipertensi!

#KKNTimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip

Penulis: Dina Rohmatunnisa’ – 22020119130082 (Mahasiswa Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro)
Dosen Pembimbing Lapangan: Dra. Puji Astuti, M.Si.
Lokasi: Desa Menganti, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *