WARGA TERGIUR ADA “BULE MANIS” DI GUNUNG PATI!

Whats-App-Image-2022-08-07-at-13-55-27

SEMARANG (07/08/2022)- Pelaksanaan KKN Universitas Diponegoro tim 2 yang berlokasi di kelurahan Gunung Pati sudah berjalan 5 minggu terhitung dari 5 Juli yang lalu. Berbagai macam program di canangkan oleh mahasiswa undip sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat kelurahan Gunung Pati. Mulai dari program untuk menambah ilmu pengetahuan sampai yang berkaitan dengan kesehatan. Program yang satu ini tidak kalah menariknya, program ini diberi nama “Bule Manis”.

Apakah itu? Bule di gunung pati? Bukan! Bule Manis merupakan sebuah inovasi mahasiswa yang berakronim Budidaya Lele Minimalis. Program ini dibuat untuk masyarakat kelurahan gunung pati untuk menjadi industri sederhana yang bisa dilakukan dirumah dan dengan modal yang sedikit. Budidaya lele Minimalis memnggunakan teknik Budikdamber atau Budidaya Ikan dalam Ember yang dipadukan dengan sistem aquaponik. Budidaya ini menciptakan 2 budidaya sekaligus, yaitu ikan dan tanaman. Tentunya dengan metode tertentu, program ini berpeluang menghasilkan hasil dan keuntungan yang banyak.

Whats-App-Image-2022-08-07-at-13-56-50

Alat dan Bahan yang dipakai pun sederhana dan terjangkau, yaitu ember,bibit ikan dan kangkung. Bahan tersebut tentunya sangat terjangkau dan mudah didapat. Hal inilah yang membuat warga tergiur untuk mencobanya dirumah. Sosialisasi program ini dilaksanakan dimusholla RW 07 Kelurahan Gunung pati dan dihadiri oleh bapak-bapak dan anak muda. ” Wah, aku tertarik ki mau coba dirumah ketoke(kelihatannya) bagus.” ucap salah satu dari bapak-bapak saat pelaksanaan sosialisasi dan demonstrasi di musholla.

Penulis : Farhan Dwi Maulana (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan)
DPL : Dr. rer. nat. Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng.
Lokasi KKN : Kelurahan Gunung Pati, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang
KKN TIM 2 2021/2022 Universitas Diponegoro