Sale Pisang Khas Proyonanggan Tengah Go Digital!
Proyonanggan Tengah – Rabu (13/07), Proyonanggan Tengah sebagai salah satu kelurahan di Kecamatan Batang memiliki ratusan UMKM yang aktif di bidangnya masing-masing, salah satunya di bidang makanan. Kota Batang yang terkenal akan produk khas Sale Pisangnya membuat banyak UMKM juga berusaha untuk memproduksi jenis makanan ini. Namun, tidak sedikit UMKM di kelurahan tersebut masih berjalan dengan cara tradisional. Mereka masih memasarkan produk mereka hanya pada tetangga dan warga sekitar saja. Di samping itu, sedikit dari mereka yang sudah memiliki suatu merk yang menjadi ciri khas mereka. Melihat adanya potensi UMKM yang cukup banyak namun masih berjalan secara tradisional, maka diperlukan suatu dukungan kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan usaha mereka.
Berdasarkan permasalahan dan potensi tersebut, Muhammad Adnan Assidiq, mahasiswa KKN Tim 2 Undip Tahun 2021/2022 mengusung program “Pelatihan dan Pembuatan Toko Online UMKM Melalui Markeplace.” Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan produk UMKM Sale Pisang tersebut secara online.
Mahasiswa KKN Undip melaksanakan pelatihan tersebut secara langsung kepada pelaku UMKM Sale Pisang terkait. Acara dilaksanakan secara bertahap pada tanggal 1 dan 6 Agustus 2022 pukul 08.00 s.d 11.00 WIB. Mahasiswa KKN mendampingi pelaku UMKM tersebut agar dapat menggunakan media sosial dan toko online dengan baik.
Bu yanti, pelaku UMKM Sale Pisang mengungkapkan rasa terimakasih atas kegiatan mahasiswa tersebut yang berusaha untuk membantu mempromosikan produknya secara digital. Diharapkan dengan berjalannya program ini, pelaku UMKM Sale Pisang dapat terus mempromosikan dan menjual produknya secara online kepada konsumen di sekitar daerah dan di luar daerah Proyonanggan Tengah.
Penulis : Muhammad Adnan Assidiq – FEB UNDIP – 12020119120005
Dosen Pembimbing Lapangan : Desyta Ulfiana, S.T., M.T.
Lokasi : Kelurahan Proyonanggan Tengah, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang