Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Literasi Keuangan mengenai Pentingnya Menabung Sejak Dini kepada Siswa MTs Nurul Huda NW Kampung Tua Tanjung Riau

Batam (09/08/2022) – Tingkat literasi keuangan di Indonesia mencapai 38,03% berdasarkan data dari OJK. Masih rendahnya tingkat literasi keuangan di Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Dengan tingkat literasi yang cenderung masih rendah, maka dilakukan upaya dari pemerintah dengan melakukan edukasi dan sosialisasi mengenai literasi keuangan yang gencar dilakukan oleh Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI). Tidak hanya peran pemerintah saja, dibutuhkan juga peran orang tua karena merekalah yang menjadi sumber pembelajaran pertama bagi anak. Sehingga anak-anak nantinya akan mampu untuk mengelola keuangan mereka secara bijak.

IMG-2814

Literasi Keuangan sebaiknya dimulai sejak dini agar dapat menjadi salah satu upaya dalam mengelola keuangan dengan baik dan cermat. Menanggapi hal tersebut mahasiswi KKN Tim II Universitas Diponegoro dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis jurusan Ekonomi Islam, Anggia Putri Nabillah melakukan edukasi literasi keuangan mengenai pentingnya menabung sejak dini kepada siswa Mts Nurul Huda NW di Kampung Tua, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam.

IMG-2812

Edukasi literasi keuangan disampaikan melalui power point. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 15 Juli 2022 di Mts Nurul Huda NW Kampung Tua Tanjung Riau secara luring yang dihadiri oleh 25 siswa kelas 7. Materi yang diberikan antara lain adalah apa itu literasi keuangan, mengapa literasi keuangan itu penting, uang, pengertian menabung, manfaat menabung, tips menabung dan bank syariah. Kegiatan ini disambut antusias oleh siswa MTs Nurul Huda NW. Di akhir sesi presentasi, diberikan kuis berupa pertanyaan seputar materi yang telah dijelaskan dan diberikan hadiah berupa buku untuk menabung sebagai salah satu cara agar anak-anak tertarik dan memiliki keinginan yang tinggi untuk menyisihkan uang saku mereka untuk ditabung.

Screenshot-1206

Literasi keuangan yang dimulai sejak dini melalui pentingnya menabung dapat menjadi bekal persiapan bagi siswa Mts Nurul Huda NW untuk di masa yang akan datang. Pembiasaan hal baik, biasanya dapat dilakukan sejak dini agar hal baik tersebut menjadi sebuah pembiasaan yang pada akhirnya mempengaruhi perilaku seseorang dalam pengambilan keputusan. Dengan membentuk pribadi yang kuat akan literasi keuangan, maka akan mampu untuk membentuk generasi muda yang tidak konsumtif dan mampu membelanjakan uangnya dengan bijak. Adapun berbagai manfaat dari menabung antara lain adalah sebagai sarana persiapan dana cadangan untuk kebutuhan di masa depan, keamanan finansial serta tercapai goal yang mereka inginkan.

Diharapkan dengan adanya edukasi literasi keuangan ini, maka dapat menambah wawasan siswa MTs Nurul Huda NW dalam melakukan kegiatan transaksi ekonomi, mampu mengelola pengeluaran keuangan dengan membedakan antara keinginan dan kebutuhan, serta dapat lebih bijak dalam mengatur pengelolaan keuangan.

Penulis : Anggia Putri Nabillah – Ekonomi Islam/Fakultas Ekonomika dan Bisnis
DPL : Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum.
Lokasi : Kampung Tua, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam.

#kkntim2undip2022 #KKNtimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip