Pentingnya Literasi Keuangan Sejak Dini, Mahasiswa KKN Undip Mengenalkan Pengelolaan Keuangan dan Investasi Kepada Siswa MTs Nurul Huda, Kelurahan Tanjung Riau, Kota Batam.

FOTO-BEBEK

Batam (08/08/2022) – Kondisi dunia yang semakin terkoneksi menyebabkan guncangan perekonomian di suatu negara dapat berpengaruh besar terhadap perekonomian negara lainnya. Hal tersebut menimbulkan risiko terjadinya krisis ekonomi dan keuangan yang semakin besar. Sejalan dengan hal tersebut, kemampuan pengelolaan keuangan menjadi sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta digunakan dalam menghadapi situasi-situasi krisis yang bisa terjadi setiap saat.

Whats-App-Image-2022-08-08-at-4-27-43-PM

Dalam rangka meningkatkan literasi keuangan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 2 Universitas Diponegoro (UNDIP) memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang investasi dan Bank Konvensional melalui media powerpoint yang berjudul “Literasi Keuangan Sejak Dini” kepada siswa-siswi MTs Nurul Huda Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (15/07/2022).

Pendidikan literasi keuangan harus diberikan sejak dini agar masyarakat paham dan terbiasa mengelola keuangan secara bijak dan sesuai dengan kebutuhannya. Literasi keuangan ini sangat penting bagi seseorang, terutama ketika membuat keputusan yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari, seperti dalam mengambil keputusan untuk menabung atau berinvestasi demi mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Mahasiswa Undip mengenalkan “Kebutuhan VS Keinginan” untuk menghindari perilaku konsumtif masyarakat Indonesia yang memiliki kebiasaan berbelanja dan mengalokasikan uang untuk hal-hal yang bersifat jangka pendek. Investasi sejak muda bermanfaat untuk meningkatkan pengelolaan keuangan yang lebih baik dan mempersiapkan masa depan yang lebih terjamin. Selain itu, diperkenalkan pula mengenai pengertian dan ciri-ciri Bank Konvensional secara umum.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi “Literasi Keuangan Sejak Dini”, yakni tentang investasi dan Bank Konvensional dapat bermanfaat bagi siswa-siswi MTs di masa mendatang. Siswa-siswi MTs menjadi lebih paham tentang pentingnya melakukan investasi dengan mempertimbangkan berbagai kebutuhannya yang ada.

Penulis : Thami Ajeng Pertiwi (Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
Dosen Pembimbing Lapangan : Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum.
Lokasi : Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam.

#kkntim2Undip2022 #KKNtimIIperiode2022 #p2kknUndip #lppmUndip #Undip