Mahasiswa KKN UNDIP melakukan Pengenalan dan Pendampingan Pembuatan Akun Instagram Untuk Pemasaran Digital Pada UMKM secara door-to-door
Kota Semarang – Berliana Iffada, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) melakukan pengenalan dan pendampingan pembuatan Akun Instagram untuk meningkatkan pemasaran digital kepada salah satu pelaku UMKM Emping Umbi Garut di Kelurahan Plombokan secara door-to-door. Adanya program ini memiliki tujuan untuk memberikan solusi sebagai peningkatan perekonomian dan memperluas jangkauan pemasaran produk. Pengenalan ini dilakukan dengan cara mendampingi pembuatan akun baru Instagram bagi UMKM terkait dan mengedukasi cara penggunaan Instagram untuk pemasaran produk ke akun baru yang telah dibuat.
Menggunakan pemasaran digital melalui Instagram memang menawarkan lebih banyak manfaat dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Jangkauan yang luas, audiens yang spesifik, dan kemudahan penggunaan menjadikan pemasaran digital perlu diterapkan di masa sekarang. Oleh karena itu, Berliana Iffada, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022, membantu sebuah UMKM emping umbi garut di Kelurahan Plombokan.
Pemasaran digital melalui Instagram digunakan sebagai alternatif pemasaran karena memungkinkan untuk menjangkau target pelanggan dengan lebih efektif. Agar dapat diterapkan oleh pelaku UMKM dan mempertimbangkan kemudahan penggunaannya, media pemasaran dipilih melalui Instagram. Edukasi dilakukan dengan memperkenalkan Instagram yang telah dibuat, kemudian memberi contoh cara mengunggah konten yang menarik dan informatif tentang produk UMKM agar dapat menarik perhatian konsumen. Dengan cara ini, diharapkan dapat menambah wawasan baru tentang digital marketing kepada UMKM lain dan dapat meningkatkan penjualan bagi UMKM.
Penulis: Berliana Iffada/12010119140232 (Manajemen – Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
DPL: Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum