MAHASISWA KKN TIM II UNDIP BANTU KANTOR KELURAHAN KEBONBATUR MENYUSUN DAN MEMASANG BANNER INFORMASI PELAYANAN PUBLIK UNTUK MASYARAKAT DESA KEBONABTUR

Demak (02/08/2022) – Informasi mengenai pengurusan dokumen kependudukan sangat penting bagi masyarakat. Persyaratan dan alur pengurusan dokumen kependudukan harus dapat dipahami oleh masyarakat agar saat pengurusan tidak mengalami kesalahan. Sehingga diperlukan informasi tertulis agar masyarakat dapat memahami dengan benar mengenai persyaratan dan alur pengurusan dokumen kependudukan seperti E-KTP, KK, Akta Kelahiran, hingga Surat Pindah. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP membantu pihak Kelurahan Kebonbatur dalam memberikan informasi pelayanan administrasi kepada masyarakat yang hendak melakukan pengurusan dokumen kependudukan di Kantor Kelurahan Kebonbatur. Program kerja tersebut dilakukan oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022 dan berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Kebonbatur.

Whats-App-Image-2022-08-05-at-19-45-07
Gambar 1.
Proses Pembuatan Banner Informasi Pelayanan Publik

Program kerja ini dilakukan karena seringkali masyarakat kurang memahami persyaratan dan langkah-langkah dalam mengurus dokumen kependudukan. Setelah mendapat izin dari Kepala Desa Kebonbatur untuk memasang informasi mengenai pelayanan pengurusan dokumen kependudukan, proses penyusunan Banner dimulai. Penyusunan Banner informasi pengurusan dokumen kependudukan dilakukan dengan melakukan beberapa kali koordinasi dengan Perangkat Desa Kebonbatur.

IMG20220802102611
Gambar 2.
Penyerahan Banner Informasi Pelayanan Publik Kepada Perangkat Desa Kebonbatur

Pada hari Selasa (02/08/2022), Banner mengenai Proses Pelayanan dan Pengurusan Dokumen Kependudukan bagi warga Desa Kebonbatur diserahkan kepada pihak Kelurahan Kebonbatur. Pihak Kelurahan Kebonbatur sangat terbantu dengan adanya Banner informasi ini, karena masyarakat dapat membaca dengan jelas informasi yang tertulis tersebut. Pembuatan Banner ini juga dilakukan karena sebelumnya belum pernah disusun Banner informasi mengenai pengurusan dokumen kependudukan bagi warga Desa Kebonbatur sendiri. Sehingga dapat membantu dalam proses penyampaian informasi layanan publik kepada masyarakat terutama bagi masyarakat Desa Kebonbatur.

IMG20220802102449
Gambar 3.
Banner Informasi Pengurusan Dokumen Kependudukan Desa Kebonbatur

Harapan kedepannya, informasi ini dapat dibaca dan dipahami dengan baik oleh masyarakat sehingga dapat meminimalkan kesalahan informasi saat pengurusan dokumen kependudukan di Kantor Kepala Desa Kebonbatur. Masyarakat juga dapat memahami dengan baik langkah-langkah proses yang dilakukan ketika mengurus dokumen kependudukan tersebut. Program ini juga merupakan bentuk dari pencapaian salah satu tujuan dari SDGs atau Sustainable Development Goals yaitu tujuan yang ke-17 “Menguatkan ukuran implementasi dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan yang berkelanjutan” dan mendukung terciptanya pelayanan publik yang lebih baik lagi ke depannya.

Penulis : Annisa Farkhaini
DPL : Dr. Ir. Martini., M.Kes
Lokasi KKN : Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak