Bisa Lho, Belajar Bahasa Inggris Lewat Layar Gadget-mu! — Mahasiswa KKN UNDIP Susun Booklet Panduan Belajar Bahasa Inggris Bekal Remaja dan Dewasa Muda Perangi Kuatnya Arus Globalisasi

Penyerahan Booklet Panduan Belajar Bahasa Inggris ke Ibu Lurah Tlogosari Wetan

Pedurungan, Semarang (04/08/2022) – Berada di tengah-tengah era Globalisasi menawarkan banyak sekali kesempatan, terutama kepada generasi muda. Dunia terbuka dan orang-orang berbaur menjadi suatu masyarakat dunia atau citizen of the world. Salah satu efek yang dibawa era ini adalah terbukanya persaingan antar masyarakat dari berbagai negara. Maka dari itu, kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa Internasional yang paling sering digunakan merupakan salah satu kemampuan yang paling penting bagi seseorang yang ingin bersaing dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Namun, meskipun minat belajar dan menguasai bahasa Inggris di Indonesia cukup tinggi, masih banyak remaja dan dewasa muda bingung dan kurang percaya diri untuk memulai.

Untuk memberikan referensi media belajar yang lebih praktis dan menyenangkan agar para pemuda tersebut segera mulai mempelajari bahasa Inggris, salah satu mahasiswa KKN UNDIP dari prodi Sastra Inggris menyusun booklet panduan belajar bahasa Inggris berjudul “Bisa Lho, Bahasa Inggris Lewat Layar Gadget-mu!” untuk membantu para remaja dan dewasa muda Kelurahan Tlogosari Wetan, Pedurungan meningkatkan potensi mereka sebagai agen perubahan dan pembangunan.

Selain diserahkan ke kantor kelurahan, booklet ini tentu saja diberikan kepada remaja dan dewasa muda kelurahan Tlogosari Wetan, dari RW 01 sampai dengan RW 04, lewat bantuan Karang Taruna kelurahan. Booklet diserahkan kepada perwakilan Karang Taruna pada 5 Agustus 2022. Isi dari booklet ini antara lain; aplikasi seru untuk belajar bahasa Inggris yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya belajar masing-masing, aplikasi untuk persiapan tes TOEFL, dan aplikasi yang dapat membantu penulisan CV dan Essay Beasiswa. Respons dari kelurahan dan perwakilan Karang Taruna setelah menerima booklet panduan belajar ini bisa dibilang cukup antusias. Penyerahan Booklet Panduan Belajar Bahasa Inggris ke Ibu Lurah Tlogosari Wetan

Mahasiswa berharap setelah membaca booklet panduan belajar ini, generasi muda Kelurahan Tlogosari Wetan dapat mengenal dan menggunakan media belajar bahasa Inggris yang lebih beragam, mudah, dan menyenangkan. Dengan begitu, mereka diharapkan dapat menambah kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni dan bersaing dengan masyarakat dunia.

Penulis: Risma Nabilah Rahmaniah
Mahasiswa Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya
Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Yoyok Budi Pramono, S. Pt, Msi
Lokasi KKN: Kelurahan Tlogosari Wetan, Kecamatan Pedurungan
KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021/2022 Periode 5 Juli – 18 Agustus 2022