Mendukung Remaja Aktif, Produktif, Dan Sehat, Mahasiswa KKN Undip Mengadakan Sosialisasi Terkait Dengan Pengendalian Dan Pengawasan Minuman Beralkohol

IMG-2776

Dadapsari, Semarang (31/07/22)- Mahasiswa KKN Tim II Periode 2022 Universitas Diponegoro, Hanifa Krisna Ariyanto (22) Fakultas Hukum telah melaksanakan salah satu program kerja monodisiplin, yaitu sosialisasi pengendalian dan pengawasan minuman beralkohol. Kegiatan ini dilaksanakan berbarengan dengan salah satu program multidisiplin, yaitu pencegahan terhadap penyalahgunaan Narkoba pada tanggal 31 Juli 2022 di Lantai 3 Kelurahan Dadapsari yang dihadiri oleh remaja kelurahan Dadapsari.

Masih banyak anak-anak remaja dibawah umur yang mengkonsumsi serta menyalahgunakan minuman beralkohol. Mereka belum mengetahui bahaya dari penyalahgunaan minuman beralkohol bagi kesehatan serta bagi tubuh mereka sendiri. Penyalahgunaan ini biasanya berbentuk mencampur minuman beralkohol agar kadar alkoholnya naik, dengan tujuan hanya kesenangan sementara. Mencampur minuman beralkohol ini dikenal dengan istilah minuman beralkohol oplosan.

Menurut data Badan Pusat Statistik, terdapat penurunan jumlah konsumsi alkohol per kapita dari tahun 2019 ke 2020, yaitu 0,41 L ke 0,39 L. Namun, sayangnya penurunan ini tak berdampak banyak karena masih ada kasus kematian akibat minum alkohol oplosan. Selain itu, menurut artikel Forbes Health “The Good –And Bad—Health Effectis of Alcohol”, alkohol juga bisa membuat peminumnya kecanduan. Tubuh akan terus “meminta” apabila kita sudah tak merasakan efek berat seperti saat pertama kali minum.

Sasaran program ini yaitu remaja Kelurahan Dadapsari yang kami undang melalui Karang Taruna. Pelaksanaan program ini dilakukan dengan menjelaskan secara umum jenis-jenis alkohol, serta dampak alcohol terhadap tubuh. Kemudian, sosialisasi ini juga menjelaskan jenis-jenis campuran yang biasa digunakan remaja dalam mengkonsumsi alkohol oplosan. Sosialisasi ini juga disertai dengan sesi tanya jawab antara kami dengan remaja di Kelurahan Dadapsari dan tidak lupa juga kami menggunakan media bantuan poster serta PowerPoint untuk memudahkan jalannya sosialisasi. Remaja Dadapsari sangat antusias dan merespon positif acara ini.

Whats-App-Image-2022-07-10-at-7-30-39-PM

Keberhasilan program ini dilihat dari respon remaja serta keterlibatan remaja dalam mengurangi konsumsi alkohol di daerah Dadapsari. Respon tersebut terlihat pada saat sesi sharing dan tanya jawab. Mereka menjelaskan bahwa konsumsi minuman beralkohol ini sudah menjadi problem lama terutama di beberapa tempat di Dadapsari. Adanya program KKN ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran, serta mengurangi jumlah konsumsi minuman beralkohol, serta alcohol oplosan dikalangan remaja dan meningkat kesadaran dan self-awareness kepada remaja untuk menjaga dan mengendalikan dirinya.