Sadari Kanker Payudara! Mahasiswa Kedokteran Undip Melakukan Pengenalan Bahaya Kanker Payudara dan Cara Deteksi Dini kepada Masyarakat

Semarang (26/07/2022) – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Aurelita Salsabila (21) yang tergabung dalam Tim II KKN Undip 2022 telah melaksanakan program kerja untuk meningkatkan kesadaran wanita tentang bahaya Kanker Payudara. Kanker Payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita oleh wanita di Indonesia dengan angka kematian tinggi. Penyakit ini disebabkan oleh banyak faktor di dalam tubuh. Oleh karena itu, perlu dilakukan edukasi mengenai bahaya kanker payudara sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat, khususnya wanita, dari penyakit tersebut. Program ini termasuk ke dalam Sustainable Development Goals (SDGs) ke-3, yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

pd-1

Program ini dilaksanakan pada hari Minggu (24/7) bertepatan dengan acara PKK di RW 8, Kelurahan Tandang. Media yang digunakan adalah leaflet yang diberikan kepada Ibu-Ibu peserta PKK dan manikin yang digunakan untuk peragaan deteksi dini. Materi edukasi yang disampaikan meliputi angka kejadian penyakit, pengenalan kanker payudara, faktor risiko, gejala dan tanda, deteksi dini, pencegahan, serta mitos dan fakta yang beredar di masyarakat. Deteksi dini kanker payudara, terutama yang digalakkan oleh Kementrian Kesehatan, diantaranya adalah Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS).

pd-2

Pelaksanaan program disambut baik oleh peserta PKK yang seluruhnya adalah wanita. Peserta terlibat aktif dalam penyampaian materi dengan membaca leaflet dan berdiskusi mengenai beberapa hal yang masih belum dipahami. Pelaksanaan edukasi kanker payudara ini menekankan pada peningkatan kesadaran masyarakat tentang bahaya kanker payudara dan cara deteksi dini yang dapat dilakukan secara rutin.

Penulis: Aurelita Salsabila – Fakultas Kedokteran 2019
DPL: Marwini, S.HI., Lc., M.Si.
Lokasi: Kelurahan Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang