Manajemen Keuangan untuk Mengukur Kinerja Usaha pada UMKM Telur Asin di Desa Gerdu Berbasis Teknologi

Gerdu – Sabtu, 5 Agustus 2017 mahasiswa KKN Tim II Undip mengadakan kegiatan berupa presentasi dan pelatihan mengenai Manajemen Keuangan untuk Mengukur Kinerja Usaha pada UMKM Telur Asin di Desa Gerdu Berbasis Teknologi. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 19.00 sampai 21.00 yang bertempatan di balai Desa Gerdu. Jumlah peserta yang hadir dalam pemaparan program dan pelatihan mengenai Manajemen Keuangan  untuk Mengukur Kinerja Usaha Berbasis Teknologi yaitu 6 pemilik usaha telur asin.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi dari salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip mengenai manajemen keuangan UMKM dan pengenalan aplikasi “Akuntansi UKM”. Setelah pemberian materi, kegiatan selanjutnya yaitu pelatihan penggunaan aplikasi tersebut. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pemahaman kepada para pemilik usaha telur asin tentang bagaimana cara mengelola keuangan perusahaan dengan baik dan benar. Yang kita ketahui selama ini, para pemilik telur asin di Desa Gerdu melakukan pengelolaan keuangan secara sederhana tanpa ada laporan keuangan yangg jelas di setiap bulannya dan mereka hanya melakukan pencatatan berupa pendapatan per hari dan modal yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku. padahal masih banyak komponen yang perlu dicatata misalnya beban operasional dan biaya tenaga kerja. Kami memberikan materi tentang bagaimana melakukan pencatatan arus keuangan perusahaan dengan memanfaatkan teknologi yang ada yaitu dengan menggunakan aplikasi “Akuntansi UKM” yang dapat di unduh secara gratis di Google Play. Penggunaan aplikasi ini sangat mudah dan sederhana.

Dengan adanya kegiatan ini diaharpkan para pemilik usaha telur asin terbiasa untuk melakukan pencatatan keuangan perusahaan. Sehingga di setiap akhir bulan terdapat laporan keuangan yang mencerminkan kondisi keuangan usaha. Laporan keuangan ini juga dapat dijadikan perbandingan setiap bulannya apakah kondisi keuangan meningkat atau menurun.

FOTO MONO UMKM 2 FOTO MONO UMKM