Mantap! Penerapan Copy-Writing dalam Penjualan Instagram UMKM Jabungan oleh Mahasiswi KKN Tim II 2022 Jabungan Universitas Diponegoro
Acara Bazar UMKM se-kecamatan Banyumanik yang juga dihadiri oleh semua keluarahan termasuk Jabungan berlansung pada hari Sabtu, (6/8/2022), mengundang semangat para pengurus UMKM Jabungan untuk menjualkan dagangannya sembari mempelajari ilmu copy-writing untuk mengembangkan instagram mereka.
Copy-writing adalah sebuah ilmu penulisan sebuah teks pemasaran yang bertujuan untuk menarik calon konsumen agar membeli atau melakukan transaksi barang dan jasa yang kita jualkan. Penulisan ini bersifat lebih singkat dan bertujuan untuk memasarkan produk kepada pembeli dengan kalimat persuasif. Hal ini biasa diterapkan melalui media sosial, website, landing page, dan berbagai platform lainnya. Copy-writing dapat menjadi bekal yang layak untuk digunakan terus-menerus bagi para penggiat UMKM di Jabungan untuk memasarkan produknya lebih luas lagi.
Komunitas UMKM Jabungan sudah berkembang dan memiliki banyak anggota yang juga menjualkan dagangan yang bermacam-macam rupa. Ciri khas warga Jabungan dengan nuansa alami dan hijau pun diterapkan ke dalam branding UMKM tersebut, yaitu cita rasa dari alam rempah-rempah. Jabungan dengan potensinya sebagai daerah penghasil empon-empon terbesar berhasil mendistribusikan produknya ke pasar-pasar terdekat. Namun, keunggulannya ini masih belum memasuki dunia digital untuk pemasaran yang lebih luas. Warga Jabungan sendiri lebih sering memasarkan produknya secara langsung melalui distribusi pasar, pengantaran jarak dekat, dan pemasaran ke daerah sekitar warga. Lalu, bagaimana kelanjutan pemasarannya?
Tunjung (22), seorang mahasiswi KKN Jabungan Tim II kelompok 55 Universitas Diponegoro memperkenalkan, membuat akun Instagram, dan mengelola konten serta caption khusus untuk membantu UMKM warga Jabungan. Dalam pembuatan konten dan caption tersebut, Tunjung banyak melakukan riset terkait produk yang akan dipasarkan melalui feeds Instagram @umkm_jabungan. Copy-writing yang ia terapkan juga menjadi satu dengan konten edukasi yang berguna untuk meningkatkan brand awareness masyarakat luar Jabungan agar tetap mengikuti update berita di Jabungan. Caption dan desain foto yang diposting ini adalah hasil brainstorming Tunjung yang akan menjadi acuan pembelajaran para pemilik UMKM di Jabungan.
Selain pembuatan konten dan caption Instagram secara langsung, Tunjung juga memberikan bekal panduan melalui booklet dalam bentuk cetak maupun e-book yang dapat dipelajari oleh warga lain yang mempunyai potensi berdagang secara online nantinya. Pembekalan copy-writing ini diharapkan dapat mendorong motivasi para warga agar dapat memasarkan produknya secara online di media sosial dan memasarkan produknya lebih luas lagi.
“Instagramnya bagus, desain dan konten pun menarik, sangat berguna nantinya untuk wadah informasi UMKM Jabungan.” Ucap salah satu pengurus UMKM Jabungan.
Penulis : Tunjung Purbosari
Lokasi : Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang
Dosen Pembimbing Lapangan : Rachma Purwanti, S.KM., M.Gizi