Biar Gak Ketinggalan Jaman! Mahasiswa KKN Tim II Undip Laksanakan Program “Mading Mediasi” sebagai Persiapan dalam Menghadapi 5.0 Society’s Era
Semarang (30/07). Seiring berjalannya waktu, teknologi yang dibuat oleh manusia semakin berkembang. Salah satunya ialah Society 5.0 yang digagas oleh negara Jepang. Konsep ini memungkinkan kita menggunakan ilmu pengetahuan yang berbasis modern (AI, Robot, Iot) untuk kebutuhan manusia dengan tujuan agar manusia dapat hidup dengan nyaman. Society 5.0 sendiri baru saja diresmikan 2 tahun yang lalu, pada 21 Januari 2019 dan dibuat sebagai resolusi atas resolusi industri 4.0.
Kelurahan Gondoriyo khususnya RW 6 selain didominasi oleh warga yang memiliki kegiatan atau pekerjaan dengan mobilitas yang tinggi terdapat juga beberapa warga yang menjadi seorang wirausaha, sehingga sangat penting bagi warga yang memiliki usaha untuk mengetahui bagaimana caranya agar usaha yang dimiliki mampu dikenal dengan baik oleh khalayak luas. Program kerja ini disesuai dengan salah satu tema Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro yaitu sesuai dengan Program Sustainable Development Goals (SDG’s).
Berdasarkan latar belakang yang telah disebutkan di atas, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, Muhammad Hainur Rofiqi (21) yang berasal dari program studi Informasi dan Hubungan Masyarakat menginisiasi untuk membuat program kerja yang bertajuk “Mading Mediasi: Edukasi Manfaat Sosial Media sebagai Digital Marketing dan Media Promosi” kepada masyarakat RW 6 dengan mengambil sampling yaitu Remaja Karang Taruna RW 6.
Dalam program ini terdapat kegiatan yaitu memberikan edukasi manfaat dari berbagai sosial media untuk kegiatan digital marketing dan media promosi. Selain itu juga diberikan edukasi macam-macam gaya periklanan atau marketing disertai contoh agar audiens semakin paham akan edukasi yang diberikan. Selain itu juga Penulis memberikan contoh real terkait branding yang telah dilakukan Penulis sendiri.
Pada saat pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Tahfidz sebagai posko sementara, Remaja Karang Taruna sangat antusias, dilihat dari banyaknya audiens yang datang dan menyimak pemaparan yang disampaikan Penulis. Audiens juga tertarik dengan materi yang disampaikan karena terdapat contoh-contoh di mana remaja karang taruna dapat membuatnya dengan mudah dan dapat mengaplikasikannya sehingga sangat menarik untuk disimak.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu implikasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Melalui kegiatan KKN ini, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman baru untuk menambah pengetahuan, kemampuan, dan kesadaran untuk hidup bermasyarakat melalui kegiatan pengabdian secara langsung. Sedangkan pada masyarakat sasaran, kehadiran mahasiswa diharapkan mampu memberikan motivasi, inovasi, dan pengetahuan baru yang belum didapati masyarakat.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan remaja karang taruna dapat menyerap ilmu serta manfaat dari pelaksanaan program ini sehingga nantinya remaja karang taruna dapat membagikannya kepada masyarakat RW 6 yang berada di Kelurahan Gondoriyo, baik yang memiliki UMKM ataupun tidak dengan waktu yang lebih fleksibel dengan sasaran yang merata sehingga nantinya seluruh masyarakat RW 6 Kelurahan Gondoriyo dapat mengetahui terkait manfaat sosial media sebagai digital marketing dan media promosi dalam menghadapi 5.0 Society’s Era.
Penulis: Muhammad Hainur Rofiqi (S.Tr Informasi dan Hubungan Masyarakat Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro)
Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., I.P.U.