Cegah dan Perangi Stunting itu Penting!

Screenshot-22

Kelompok Kelurahan Meteseh
DPL : Dinalestari Purbawati SE., M.Si., Akt.

SEMARANG (19/07) – Beberapa mahasiswa dari Universitas Diponegoro yang tergabung dalam Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2022 mengadakan program sosialisasi stunting dan pembagian makanan sehat kepada ibu-ibu yang memiliki balita di walah Kelurahan Meteseh, tepatnya RW 01 dan RW 05. Program sosialisasi stunting dilaksanakan dengan membagikan leaflet dan menempelkan poster edukasi berisi apa itu stunting, dampaknya, dan cara mencegah stunting serta cara menanggulanginya.

Program ini dilaksanakan di Posyandu Kenanga RW 01 Kelurahan Meteseh dan Posyandu Nusa Indah RW 05 Kelurahan Meteseh. Alasan dipilihnya dua posyandu tersebut untuk melaksanakan program ini dikarenakan di dua RW tersebut masih terdapat balita yang mengalami stunting. Selain membagikan leaflet dan poster edukasi mengenai stunting, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro juga memberikan salad buah sebagai salah satu contoh makanan yang bisa diberikan oleh ibu kepada balita mereka untuk mencegah stunting karena buah-buahan mengandung vitamin yang tinggi.

Program ini dilaksanakan dalam dua waktu yang berbeda di dua tenpat yang berbeda. Hari Jumat, 15 Juli 2022 program ini pertama kali dilaksanakan di posyandu Kenanga RW 01. Posyandu ini dihadiri oleh kurang lebih 40 balita. Selain membagi leaflet, menempel poster, dan membagi salad buah, kami juga membantu kader posyandu dalam menjalankan posyandu seperti mengukur tinggi badan balita, menimbang berat badan balita, dan mengukur lengan aras balita. Program di posyandu Kenanga RW 01 ini ditutup dengan dengan sesi dokumentasi dengan kader posyandu Kenanga RW 01.

Tidak jauh dengan kegiatan di posyandu Kenanga RW 01, pada hari Senin, 18 Juli 2022, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Kelurahan Metseh ini melaksanakan program pencegahan stunting ini untuk kedua kalinya di posyandu Nusa Indah RW 05. Program dilaksanakan dengan kegiatan yang hampir sama yakni membagikan leaflet dan salad buah, menempelkan poster edukasi, dan membantu kader posyandu melaksanakan kegiatan posyandu. Posyandu Nusa Indah RW 05 ini dihadiri oleh kurang lebih 50 balita. Program di posyandu Nusa Indah ini ditutup dengan sesi dokumentasi dengan kader posyandu Nusa Indah RW 05. “Terima kasih kepada Mahasiswa KKN Undip karena telah membantu kami para kader posyandu untuk mensosialisasikan dan memberikan sedikit edukasi mengenai stunting serta membantu berjalannya kegiatan posyandu” (Ujar Ibu Munfiati, salah satu kader posyandu Nusa Indah RW 05 Kelurahan Meteseh).