Transaksi Cepat Dengan QRIS

Semarang (21/07/2022) – QRIS bermanfaat tidak hanya untuk mempermudah transaksi tetapi juga dapat mencegah beredarnya uang palsu. Pelaku UMKM, terutama yang tergabung dalam Perkumpulan Bumi Alumni (PBA), didorong untuk menerapkan pembayaran digital menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard). Berdasarkan data yang ada lebih dari separuh konsumen di Indonesia memilih metode pembayaran digital atau e-wallet yang terhubung ke rekening bank mereka seperti sistem QRIS tentunya yang dapat membuat transaksi menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, selaku mahasiswa KKN TIM II Undip, Rani Wahyu Wulandari (21), membantu mengembangkan dan mendukung digitalisasi transaksi di masa teknologi yang semakin maju dengan melakukan sosialisasi QRIS kepada pelaku UMKM di Kelurahan Jangli.

QRIS

Sosialisasi QRIS dilakukan dengan dua acara yaitu, menjelaskan dan membagikan poster yang berisi cara membuat akun QRIS mulai dari mengunggah dokumen secara bertahap sampai cara penggunaan QRIS dan mengecek saldo ada atau masuk.
Tidak hanya disitu, Rani Wahyu Wulandari (21) juga menempel poster ditempat berjualan pelaku UMKM tersebut yang tujuannya agar pembeli teredukasi dan termotivasi untuk menggunakan QRIS karena semakin banyak masyarakat dan pelaku UMKM yang menggunakan QRIS maka membantu memajukan ekonomi digital di Indonesia.

Penulis: Rani Wahyu Wulandari | NIM 12020119120027 | Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan | Fakultas Ekonomika dan Bisnis
#KKNtimIIperiode2022 #P2KKNUndip #LPPMUndip #Undip #UniversitasDiponegoro #QRIS