Upaya Melek Data, Yuk Mengenal Lebih Dalam Desa Menganti Melalui Infografis Kependudukan

Jepara (09/08/2022) – Dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di suatu wilayah, peran penduduk sangat penting. Hal ini karena penduduk memiliki peran sebagai subjek dan objek dari pembangunan berkelanjutan. Statistik kependudukan merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui dan memahami kondisi penduduk di suatu wilayah, termasuk di wilayah desa/kelurahan.

Sebelumnya di Desa Menganti, data kependudukan hanya berupa data mentah yang tertera dalam buku profil kelurahan. Maka dari itu, untuk memanfaatkan data profil kependudukan secara optimal, Ajeng Putri Nurmala, salah satu Mahasiswa program studi Statistika Universitas Diponegoro, berinisiatif membuat infografis statistik kependudukan sebagai program kerja kegiatan KKN di Desa Menganti. Pembuatan infografis statistik kependudukan ini disambut baik oleh Perangkat Desa Menganti yang turut serta membantu dalam proses pembuatan infografis.

Statistik kependudukan disajikan dalam bentuk infografis dengan penjelasan singkat dan tampilan menarik sehingga mudah untuk dipahami oleh masyarakat awam. Pembuatan infografis statistik kependudukan dimulai dengan mengumpulkan data profil kependudukan di Desa Menganti, kemudian dilanjutkan dengan mengolah dan memvisualisasikan data, membuat desain infografis, hingga mencetak infografis statistik kependudukan dalam bentuk banner. Infografis statistik kependudukan ini memuat kondisi geografis berupa luas wilayah dan kepadatan penduduk, jumlah penduduk, rasio jenis kelamin, jumlah penduduk menurut usia, rasio ketergantungan, dan informasi kependudukan lainnya.

IMG-8120
Gambar 1. Penyerahan Infografis Statistik Kependudukan Kepada Pemerintah Desa Menganti

Infografis statistik kependudukan ini diserahkan kepada Kepala Desa Menganti, Bapak Ali Mansur pada Selasa (09/08). Beliau memberikan respon positif dan mendukung penuh program kegiatan ini. Banner infografis statistik kependudukan akan ditempatkan di Balai Desa Menganti, mengingat tempat ini merupakan tempat strategis yang dapat dijangkau oleh masyarakat dan Perangkat Desa Menganti.

Diharapkan dengan adanya infografis mengenai statistik kependudukan desa, dapat dijadikan sebagai media analisis untuk arah kebijakan Pemerintah Desa Menganti kedepannya. Selain itu, infografis statistik kependudukan ini juga diharapkan dapat membantu masyarakat, khususnya masyarakat Desa Menganti untuk lebih mengenal dan memahami kondisi lingkungan tempat tinggal mereka. Selengkapnya Infografis Statistik Kependudukan Desa Menganti dapat dilihat pada link berikut:

#KKNTimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip

Penulis : Ajeng Putri Nurmala – 24050119140109 (Mahasiswa Statistika, FSM, Universitas Diponegoro)
Dosen Pembimbing Lapangan : Dra. Puji Astuti, M.Si.
Lokasi : Desa Menganti, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara