Tingkatkan Jangkauan Pasar Kerajinan Rajut AySa Bag & Craft, Mahasiswa KKN Undip Kembangkan E-Commerce untuk UMKM
Semarang (09/08/2022) – Mahasiswi Tim II KKN Universitas Diponegoro, Salma Rahima Ahmad, melakukan edukasi pengembangan E-Commerce untuk UMKM sebagai Media Pemasaran Produk kepada pelaku UMKM di Kelurahan Karangrejo, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Dibawah dosen pembimbing lapangan Bapak Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.T, kegiatan tersebut dilakukan karena belum semua UMKM di Kelurahan Karangrejo beradaptasi pada era digitalisasi untuk memasarkan produknya secara online karena keterbatasan sumber daya untuk memanfaatkan teknologi. Padahal, e-commerce dapat menjadi peluang besar bagi UMKM untuk memasarkan dan mengembangkan bisnisnya hingga berpeluang menembus pasar ekspor. UMKM memiliki peran penting dalam menggerakkan ekonomi nasional di Indonesia. Oleh karena itu, disusunlah Program Edukasi Pengembangan E-Commerce untuk UMKM sebagai Media Pemasaran Produk untuk mewujudkan tujuan dengan tujuan SDGs nomor 8 yaitu mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tenaga kerja penuh dan produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua.
Salah satu UMKM yang belum menggunakan e-commerce dalam usahanya adalah AySa Bag & Craft. AySa Bag & Craft adalah UMKM yang bergerak di bidang kerajinan handmade berbahan rajut dan memproduksi sepatu, tas, konektor masker, dompet, dan kerajinan lainnya. Proses produksi secara made by order dimana proses produksi baru dapat dilakukan setelah ada pesanan dari pelanggan. Proses pembuatan produk memakan waktu 7 hari – 30 hari.
Edukasi Pengembangan E-Commerce ini dilakukan secara langsung kepada Ibu Emi Mustikarini, pemilik UMKM AySa Bag Craft yang dilaksanakan secara bertahap. Pada tanggal 12 Juli 2022, dilakukan survey pendahuluan. Kemudian, kegiatan edukasi dilakukan pada tanggal 23 Juli 2022, 1 Agustus 2022, dan 9 Agustus 2022. Edukasi dimulai dengan cara pembuatan akun Shopee milik AySa Bag & Craft, cara mendaftarkan toko di Shopee, mengupload produk, melengkapi profil toko, memilih jasa kirim, mengetahui tips mendapatkan orderan pertama, cara mengirimkan order pertama, menarik uang, dan mengenal fitur promosi lainnya.
Selama kegiatan ini berlangsung, peserta sangat antusias untuk belajar menggunakan aplikasi Shopee dengan memberikan beberapa pertanyaan seputar penggunaan aplikasi Shopee. Pelaku UMKM pun telah memahami cara menggunakan aplikasi tersebut untuk berjualan dan telah mendapatkan buku panduan cara berjualan di Shopee sehingga dapat membuka pasar baru bagi produk – produk AySa Bag & Craft.
Penulis:
Salma Rahima Ahmad
21070119130050 / S1 Teknik Industri
DPL: Bapak Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.T