BANTU MENGEMBANGKAN UMKM, PELAKU USAHA ANTUSIAS MENGIKUTI PELATIHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING!

Jakarta – Kontribusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pertumbuhan perekonomian suatu negara dinilai sangat penting dan memiliki peran yang begitu besar dan krusial bagi perekonomian Indonesia, terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Adanya kasus positif di berbagai daerah membuat PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat telah dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia. Pembatasan ini dilakukan dengan ditutupnya gerai dan toko yang ada untuk mengurangi adanya kerumunan dalam satu tempat. Tetapi secara tidak langsung PPKM memberikan dampak kepada masyarakat, terutama masyarakat yang memiliki usaha – usaha kecil.

Untuk mengembangkan suatu UMKM merupakan hal yang tidak mudah. Ada berbagai strategi yang perlu dilakukan agar usaha yang dirintis bisa berkembang dan sukses. Salah satu cara yang harus dilakukan pengusaha adalah dengan melakukan strategi digital marketing melalui social media. Salah satu platform yang banyak digunakan oleh pelaku usaha UMKM adalah social media seperti Instagram, TikTok, dan lain sebagainya.

IMG_4817

Program monodisiplin yang bertemakan “Program Pelatihan Strategi Digital Marketing pada Social Media” dibawakan oleh Anissa Rizqi Adha kepada sekumpulan pelaku usaha di Pondok Kelapa pada Selasa (09/08).

Pelatihan strategi digital marketing ini dimulai dengan pemberian materi pokok terkait dasar-dasar dan pemahaman digital marketing hingga strategi yang dapat digunakan seperti copywriting ataupun caption yang menarik, hingga design yang membuat produk terlihat lebih memukau.

IMG-4819

Di dalam program pelatihan strategi digital marketing tersebut, Anissa juga memanfaatkan platform Youtube untuk memberikan contoh dalam bentuk video agar lebih mudah dipahami oleh masyarakat setempat, dan juga mendemonstrasikan contoh-contoh penggunaan social media yang baik dan benar.

Para pelaku usaha bisnis kecil Kelurahan Pondok Kelapa yang hadir di acara pelatihan strategi digital marketing mengaku antusias dan memberikan testimoni bahwa dengan menerapkan strategi yang diberikan, social media Instagram bisnisnya terlihat lebih menarik.

#p2kkn #undip #KKNtimIIperiode2022 #lppmundip

Penulis : Anissa Rizqi Adha – Administrasi Bisnis – FISIP UNDIP – NIM 14030119190182
Editor (DPL) : Yayuk Astuti, S.Si., Ph.D.
Lokasi : Kel. Pondok Kelapa, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *