Peningkatan Kemampuan Perangkat Desa Akan Pembuatan RAB

Permasalahan yang terjadi di Desa Gerdu adalah masih minimnya pemahaman perangkat Desa dalam perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Berdasarkan permasalahan tersebut saya mengadakan program ini dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan perangkat Desa Gerdu dalam menghitung volume pekerjaan dan membuat RAB dengan analisa harga satuan yang resmi berlaku di Jepara.  Dimana yang mejadi sasaran dari kegiatan ini adalah perangkat Desa Gerdu.

Kegiatan program ini dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2017 pukul 10.00  WIB di Balai Desa Gerdu. Program ini diawali dengan pembuatan modul pembelajaran yang berisi tentang pengertian RAB, pengenalan analisa harga satuan pekerjaan serta contoh dan langkah-langkah menghitung volume pekerjaan dan menyusun RAB. Selain itu, menyampaikan misi dari modul tersebut dalam bentuk pelatihan kepada perangkat desa khususnya bagian perencanaan dan pembangunan

Pelaksanaan kegiatan ini dapat dikatakan cukup berjalan baik dan lancar dengan melihat respon dari beberapa perangkat desa gerdu yang antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Namun, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah tempat yang kurang luas dikarenakan kantor balai Desa Gerdu sedang mengalami perbaikan sehingga tidak bisa di lakukan forum untuk kegiatan ini yang menyebabkan pemberian materi kurang efektif dan efisien.

Reportase 1