MEMBANGUN PERCAYA DIRI PELAKU UMKM KELURAHAN GEDAWANG DENGAN MENGENALKAN MANAJEMEN PEMASARAN DAN KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN BERSAMA MAHASISWA KKN TIM II UNDIP

Gedawang, Banyumanik (Jumat, 29 Juli 2022) – Pelaksanaan Program Kerja KKN

Pada dasarnya UMKM merupakan usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha keil, mauun rumah tangga. Keberadaan UMKM ini sangat diperhatikan karena memiliki peran dan kontribusi yang besar dalam pertumbuhan ekonomi. Ada banyak rumah tangga di Kelurahan Gedawang yang melakukan UMKM, tak hanya untuk mengisi waktu luang, tetapi juga untuk mendapatkan penghasilan tambahan serta menjadi manusia yang terus berinovasi.

LINE-ALBUM-Day-14-220724-1

Banyak pelaku UMKM di Kelurahan Gedawang yang sudah mahir dalam manajemen pemasarannya. Mereka memiliki banyak pelanggan setia dan sudah menggunakan media sosial sebagai media promosi dan ada yang melewati word of mouth. Namun beberapa diantara UMKM Kelurahan Gedawang ada yang masih baru dan kurang percaya diri dalam melakukan usahanya. Dengan memberikan wawasan mengenai manajemen pemasaran mereka akan mengetahui betapa pentingnya memperhatikan tingkah laku konsumen, sebagai penjual kita tidak dapat hanya fokus oleh produk kita saja. Kita sebagai penjual perlu memperhatikan keinginan konsumen, memperhatikan daya beli masyarakat sekitar, sehingga akan ada permintaan terus menerus yang membuat kita sebagai penjual memiliki pelanggan setia bahkan pelanggan yang semakin banyak.

Tak hanya memberikan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran, dalam program ini juga memberikan pengetahuan mengenai karakteristik yang harus dimiliki seorang wirausahawan yang mana harus diketahui oleh pelau UMKM agar mereka lebih percaya diri dalam mengelola usahanya dan percaya diri dengan produk yang mereka jual.

Dengan program yang telah dijalankan ini diharapkan dapat membuat pelaku UMKM Kelurahan Gedawang lebih memahami produk yang dimiliki serta permintaan konsumen. Serta menjadi pelaku usaha yang percaya diri akan usaha dan produk yang dimiliki. Karena kita sebagai penjual jika percaya diri, pembeli juga tidak ada keraguan untuk membeli produk atau jasa yang kita jual.

Penulis : Oi Setia Rini – S1 Manajemen – Fakultas Ekonomika dan Bisnis
DPL : Rachma Purwanti, S.KM., M.Gizi.