Antusiasme Siswa – Siswi SD N Gedawang 01 Mengikuti Senam Mata Bersama Mahasiswa KKN Undip

Semarang (19/7). Mahasiswa Tim II KKN Undip memberikan edukasi mengenai cara menjaga kesehatan mata dan praktik senam mata bersama sebagai langkah pencegahan gangguan mata.

Prevalensi gangguan rabun dekat pada anak di Indonesia sebesar 10%. Bersamaan dengan pandemi COVID-19, masalah pada kesehatan mata semakin meningkat karena kegiatan terbatas di dalam rumah dan kegiatan belajar berlangsung secara daring. Survei yang dilakukan pada masyarakat di Kelurahan Gedawang juga menunjukkan bahwa orang tua khawatir anaknya mengalami gangguan pada mata, terutama rabun dekat.

Edukasi kesehatan mata yang diajarkan bertujuan untuk menambah pengetahuan anak mengenai pentinganya menjaga kesehatan mata. Selain itu, program ini juga ditujukan agar anak dapat menerapkan gerakan senam mata untuk mencegah gangguan mata.

line-230349554908188

Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 5 SD N Gedawang 01 dan mahasiswa TIM II KKN Undip.

Para siswa mendapatkan pemaparan materi mengenai cara menjaga kesehatan mata. Kemudian dilakukan tanya jawab dan kuis dari materi yang telah diberikan. Siswa yang dapat menjawab dengan jawaban yang benar mendapatkan hadiah. Dilanjutkan dengan senam mata bersama dan diakhiri dengan penempelan poster.

line-775973283692480

Pemaparan materi dan penayangan video edukasi

Para siswa sangat antusias dalam mendengarkan materi dan berlomba untuk menjawab kuis yang diberikan. Gerakan senam mata yang diajarkan juga diikuti dengan sangat baik oleh para siswa dan mahasiswa KKN yang hadir.

Author : Lintang Kumalasari
Dosen Pembimbing Lapangan : Rachma Purwanti, S.KM., M.Gizi.